MPD Bener Meriah Gelar Pertemuan Dengan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

0

REDELONG: Dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November, Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Bener Meriah mengadakan pertemuan dengan Kepala SD dan SMP dalam lingkungan Unit Pelayanan Teknis  Daerah (UPTD) Bandar yang meliputi 5 Kecamatan di Aula SMP Negeri 1 Bandar, Jum’at 10/11.

Pertemuan yang dihadiri sekitar 50 kepala SD dan SMP tersebut digelar berkaitan dengan implementasi permendikbut nomor 75 tahun 2016 di sekolah-sekolah, dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Bener Meriah sebagaimana misi Bupati nomor 5 yaitu “mewujudkan pendidikan berkualitas dan berdaya saing”

Ketua MPD Bener Meriah H. Darwin MH, SE dalam pertemuan itu menjelaskan “terkait fungsi dan tugas komite seperti pada pasal 3 tentang penggalangan dana yang dilakukan komite secara gotong-royong bersama orang tua, oleh sebab itu jangan sampai penggalangan yang dilakukan tersebut termasuk kedalam pungli, hal itulah yang perlu diluruskan pada pertemuan hari ini yang akan disampaikan Sahrun S. Pd”.

Ditambahkan, melalui pertemuan ini diharapkan agar kepala sekolah terus mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli dengan pendidikan, sehingga anak-anak di Bener Meriah benar-benar memiliki karakter sebagaimana diharapkan, jangan hanya komite dan orang tua saja tetapi kepala sekolah juga harus berperan dalam mengajak masyarakat jelas Darwin.

Sahrun,  S.Pd.I, pegiat LSM Redelong Institut menjelaskan “kedepan kepala dan komite sekolah harus hati-hati dalam mencari dan mengelola keuangan, karena jika salah bisa jadi terkena kategori pungli, walaupun telah tercantum dalam permendikbud nomor 75 tahun 2016 bahwa komite boleh menggalang dana. Untuk itu dalam penggalangan dana nantinya harus ada dokumen dan berita acara kesepakatan bersama antara satuan pendidikan dengan komite secara tertulis dan resmi, termasuk dokumen tentang penggunaan anggaran dimaksud”.

Turham AG, S. Ag, M. Pd Dosen STAIN Gajah Putih Takengon yang juga diundang pada acara itu mengatakan “kepala sekolah, guru dan komite serta orang tua siswa merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran disekolah dengan tugas dan fungsi masing-masing, karena itu kerjasama yang baik harus terus ditingkatkan agar proses pembelajaran berjalan sebagaimana diharapkan, termasuk didalamya tentang penggalangan dan penggunaan dana komite”.

Terkait banyaknya orang tua dan masyarakat yang tidak perduli dengan pendidikan anaknya, kepala sekolah dan komite harus seiring sejalan memberikan pemahaman terhadap penyadaran kepada orang tua siswa. Melalui pendekatan dan menjalin komunikasi yang baik pasti akan mendapatkan respon positif dari mereka tambah Turham AG.

Inni Hikmatin, M. Pd pengawas SMA turut prihatin dengan sebahagian sikap orang tua siswa, “tetapi dengan adanya kerjasama yang baik kepala sekolah dengan komite pasti para orang tua siswa akan menyadari kekeliruan mereka” ujar Inni Hikmatin.

Turut hadir dalam acara tersebut dari komisioner MPD Bener Meriah H. Ridwan, A.Ma.Pd, Labaika, Sabran dan Kepala Sekretariat MPD Kadarman, S. Pd serta Yuslita, S. Pd dari pengawas SMA (THRM)

Komentar Anda
SHARE