Mie Aceh dan Kopi Gayo Ramaikan Festival Pelajar Bener Meriah

REDELONG : Festival pelajar yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Bener Meriah sejak tanggal 25 sampai 27 September 2017, di ikuti para pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-kabupaten Bener Meriah.
Acara yang dilaksanakan di Gedung Olah Raga dan Seni (GORS) setempat, memperlombakan tari kreasi, Saman, Paduan suara, Asmaul Husna, dan turut juga memperlombakan membuat Mie Aceh serta Kopi Gayo.

Bak chef dan barista profesional, para peserta tingkat SMP saling unjuk keahlian mengolah mie Aceh dan meracik Kopi Gayo.

Dari stan yang satu ke stan lain, dewan penilai pun sibuk mencicipi dan memberikan penilaian atas sajian mie Aceh maupun kopi Gayo yang dipersembahkan para peserta.

” Melalui festival seni, diharapkan dapat meningkatkan kopentensi seni pelajar di daerah penghasil kopi itu “.

Agustian Riady dan Elvina Sari peserta yang mewakili SMP 3 Bandar mengatakan, mie Aceh dan Kopi Gayo keduanya sanggat digemari masyarakat.

” Mie Aceh itu merupakan makan yang sanggat digemari banyak orang, begitu juga dengan Kopi Gayo “. Ujar Agustian

Menurutnya, dalam membuat mie Aceh bukan hanya sekedar digoreng maupun direbus, akan tetapi sejauhmana kita mampu memberikan cita rasa yang dapat memanjakan lidah yang memakannya.

Lanjutnya, begitu juga dengan Kopi Gayo, banyak teori dan tehknik dalam meraciknya agar penikmat dapat merasakan sensasi kenikmatan cita rasa kopi baik di buat secara manual maupun rosting.

Sementara untuk tim penilai kopi, berasal dari perwakilan Komunitas Barista Gayo dan untuk penilaian makan dari tim Tata boga Dikeranasda Bener Meriah. (Gona )