Mesjid Genting Gerbang Mulai Dibangun, Bupati Letakkan Batu Pertama

0
TAKENGON-Mesjid Kampung Genting Gerbang Kecamatan Silih Nara dimulai pembangunannya setelah batu pertama diletakkan secara resmi oleh Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin.
Reje (Kepala Kampung) Genting Gerbang, Jianto mengatakan untuk membangun Mesjid bernama Muttaqin tersebut pihaknya sudah mempersiapkan sejak lama.
“Rencananya sudah dimulai sejak Kepala kampung sebelum saya,” ungkap Jianto, disela peletakkan batu pertama pembangunan mesjid, jum’at (5/2/16).
Jianto mengakui sebelum ini masyarakat setempat sudah memiliki satu Mesjid, namun seiring dengan perkembangan penduduk dan lokasi yang sempit sehingga dinilai tidak lagi memadai.
“Di mesjid yang lama, kalau tiba waktu shalat jum’at, tidak ada tempat parkir, sehingga membuat macet jalan warga yang ingin ke kecamatan Celala maupun sebaliknya,” ujar Jianto.
Bangunan Mesjid yang baru memiliki luas total 32 x 35 meter persegi dan terletak diatas pertapakan tanah seluas 50 x 60 meter persegi.
“Sejauh ini dana yang terkumpul masih swadaya masyarakat sebesar Rp. 87 juta, diperkirakan total biaya yang dibutuhkan hingga selesai sebesar Rp. 2,5 Milyar,” sebut Jianto yang mengharapkan dukungan dari donatur selain swadaya masyarakat.
Sementara itu, Bupati Nasaruddin mendukung inisiatif warga untuk membangun Mesjid sebagai wujud kesungguhan dalam beribadah dan beramal.
Menurutnya semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Mesjid walaupun perannya kecil akan dinilai sebagai ibadah dengan ganjaran pahala yang akan terus mengalir.
Terlebih, kata Nasaruddin, Kampung Genting Gerbang merupakan poros dan jalur bagi 2 kecamatan lain, yaitu Celala dan Rusip Antara menuju ibukota Kabupaten, Takengon.
“Keberadaan Mesjid Genting Gerbang nantinya tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh penduduk setempat, tapi juga warga yang melintas,” ujar Nasaruddin.
Turut mendampingi Bupati dalam peletakkan batu pertama Mesjid Genting Gerbang, Asisten II Amir Hamzah, Kadis Cipta Karya Erwin, Kadis Syariat Islam Alam Suhada, Kadis Bina Marga Khairuddin Yoes, Kadis Perikanan dan Peternakan Rahmandi, Kadis Sosial T. Alaidinsyah, Kadis Perhubungan Nasrun Liwanza, Kadis Kesehatan Sukrimaha, Kadis Pendidikan Nasaruddin, Kadis Perkebunan Abadi, Kadis Budparpora Subhan Sahara, Kadispenda Syukuruddin, Kepala BKPP Irlina Aida dan pejabat yang mewakili Kepala Bappeda serta Direktur RSU Datu Beru.
Kunjungan Bupati bersama dengan beberapa kepala SKPK turut menyumbang pembangunan Mesjid Genting Gerbang sebesar Rp. 16 Juta.(REL)
Komentar Anda
SHARE