Menyaksikan Fenomena Supermoon di Takengon

0

TAKENGON-  Senin 14 November 2016, di berbagai belahan bumi sebagian masyarakatnya dapat menyaksikan fenomena alam yang jarang terjadi.Fenomena tersebut adalah Fenomena Supermoon.

Fenomena ini juga dapat di rasakan oleh masyarakat Aceh Tengah yang sempat melihat dan menyaksikanya, tidak luput pula para pengguna sosial media yang terus menerus update postingan foto-foto terbaik. Bahkan secara tidak langsung telah terjadi kontes postingan terbaik untuk mengabadikan momen tersebut. Ribuan komentar dan suka mewarnai post-post terbaik di laman jejaring sosial. 

Aceh Tengah umumnya dan kota Takengon khususnya memang dinilai tepat untuk menyaksikan fenomena ini tersebut, selain memang berada di ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut, juga di dukung oleh cuaca yang bersahabat, tanpa adanya hujan walau sedikit berawan. Fenomena yang itu di picu oleh adanya Supermoon bulan purnama penuh tanpa sensor yang telah di yakini oleh beberapa ahli Antariksa tersebut berjarak sangat dekat dengan bumi, hanya dapat di saksikan dalam periode tertentu.

 Supermoon yang jatuh pada tahun 2016 ini bertepatan dengan hari senin tanggal 14 November. Besarnya bentuk bulan Supermoon Hanya dapat di lihat dari sudut pandang tertentu, biasanya bulan supermoon akan terlihat sempurna bentuknya bila di saksikan di bagian ufuk bumi dan di ketinggian tertentu, untuk daerah Kota takengon contohnya supermoon hanya dinilai sebagai purnama biasa, jika melihat dalam posisi terarah dengan kepala menengadah, namun bila supermoon di saksikan di wilayah pegunungan maka akan terlihat fase yang berbeda dari bentuk bulan purnama tersebut.
Supermoon terbesar pernah terjadi pada periode januari tahun 1948, baru kemudian pada tahun 2016 ini supermoon kembali terlihat lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Penampakan bulan purnama supermoon sebenarnya terjadi setiap setahun sekali, namun demikian jarak bulan masih di nilai terlalu jauh pada tahun sebelumnya oleh beberapa ahli antariksa yang meneliti peredaraan bulan tersebut. (ErwinSp)       

Komentar Anda
SHARE