Menikmati Pesona Lut Tawar Sembari Menyaksikan Lomba Perahu di Gunung Suku

TAKENGON: Jika anda penggemar perahu dayung, ada event lomba olah raga air ini di Kampung Gunung Suku, Rawe Kalang yang terletak di Kecamatan Lut Tawar. Acara ini berlangsung 2 hingga 3 September 2019.

Sembari menikmati pesona Danau Lut Tawar, anda juga akan disuguhi kemeriahan lomba yang jarang digelar ini. Anda bisa menyaksikan keseruan kegiatan yang digagas para pemuda dan pemudi kampung di pinggir danau kebanggaan masyarakat Dataran Tinggi Gayo itu.

Tokoh muda di Kampung Gunung Suku, Darmawan kepada Kabargayo menuturkan, pagelaran lomba dayung perahu ini di laksanakan ini adalah inisiatif dari pemuda yang bekerja sama dengan Mahasiswa Universitas Almuslim Bireuen yang ada di Kecamatan Lut Tawar saat ini.

Mahasiswa Universitas Almuslim Bireuen saat ini dalam masa pengabdian di 12 Desa desa yang ada di Kecamatan Lut Tawar, yakni Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM).

Lomba ini digelar di Kampung Gunung Suku. Didukung penuh oleh 12 Reje Kampung, mulai dari Tuan Rumah Kampung Gunung Suku, Kampung Rawe Kalang, Kampung Toweren Toa, Kampung Toweren Uken, Kampung Toweren Antara, Kampung Waq Toweren, Kampung Pedemun, Kampung Asir Asir, Kampung Asir Asia, Kampung Hakim Bale Bujang, Kampung Bujang, di ada di Kecamatan Lut Tawar.

“Tujuan kami mengadakan kegiatan lomba perahu ini merupakan salah satu budaya yang sudah menjadi turun temurun di Kampung Gunung Suku, Rawe Kalang, pada umumnya masyarakat Aceh Tengah”kata Darmawan.

Event lomba perahu itu juga bertujuan mempromosikan wisata wisata yang ada di dataran tinggi Tanoh gayo.

“Kami yakin dengan adanya lomba perahu ini bisa menghadirkan dan melahirkan para para Atlet generasi milennial untuk persiapan bersaing di luar Aceh Tengah nantinya”terangnya.

Dengan lahirnya atlit dayung, tentunya nanti bisa bisa mengharumkan nama Aceh Tengah. Meraih prestasi yang gemilang dan mengantarkan mereka menjadi atlet yang profesional yang akan bertanding di ajang nasional.

“Tentu ini adalah suatu harapan yang besar dari kami” harapnya.

Antusias masyarakat gayo dalam mengikuti event lomba perahu dayung tradisional ini di kata Darmawan cukup besar, pihaknya berharap kegiatan dapat sukses seperti yang direncanakan. (SY)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!