Mengintip Pembangunan Taman Harmoni di Bener Meriah

REDELONG : Ada pemandangan yang berbeda di ujung Bandara Rembele, dekat Lapangan Pacuan Kuda Sengeda, beberapa alat berat terlihat sibuk meratakan dan mengeruk tanah. Para pekerja  tampak bergegas, kejar target. Lokasi ini adalah tempat pembangunan taman yang bakal dijadikan taman kota Bener Meriah.

“Tanam ini, kita namakan Taman Harmoni” kata Bupati Bener Meriah, Tgk. H Sarkawi.

Salah seorang pekerja menghampiri orang nomor satu di Bener Meriah itu yang tiba bersama rombongan. Agendanya meninjau proses pengerjaan yang dikerjakan secara Semi Swakelola ini. Diikuti rombongan termasuk awak media, Bupati ini memberikan penjelasan tentang rencana pembangunan yang nantinya bakal menjadi pusat rekreasi keluarga.

Lokasi pembangunan Taman Harmoni yang berdekatan dengan lapangan pacuan kuda Sengeda di ujung landasan Bandara Rembele. || Foto: Gona

“Sumber anggaran pembangunan taman seluas14 hektar ini, untuk saat ini masih bersifat semi swakelola, karena sumber anggaran dananya masih secara sumbangan dan sebahagiaan dari dana Corporate Sosial Responsibility ( CSR ) Bank Aceh di Bener Meriah”terang Sarkawi. Selasa (9 /7/ 2019).

Kendati demikian, tambah Sarkawi, untuk tahap awal ini apa yang bisa dikerjakan akan segera dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan pariwisata di kabupaten berhawa sejuk itu.

Tak hanya taman, kata Bupati yang akrab disapa Abuya ini, nanti akan juga dibangun tempat pembelanjaan dan pusat promosi souvenir dan kuliner.

Sarkawi menambahkan, ke depannya Pemda Bener Meriah akan mengupayakan anggaran untuk pembangunan taman ini, agar dapat dibangun lebih baik dan menjadi tempat yang aman, nyaman, bagi anak-anak maupun orang tua untuk melepas kepenatan sembari menikmati pesona gunung Berapi Bur Telong.

 

Pengerjaan sendiri saat ini masih dalam tahap awal, salah satunya pembersihan lahan. Menurut rancangan desain, bekas-bekas galian yang ada ditempat ini nantinya akan dibuat semacam danau buatan skala kecil. Gundukan-gundukan tanah yang ada juga akan dipertahankan dan ditata sedemikian rupa dengan taman-taman bunga serta dikelilingi pepohonan.

“Bagi masyarakat, kita mengharapkan sudi kiranya menyumbangkan bibit bunga agar bisa ditanam di taman ini bagi yang berkenan” pinta Sarkawi

Kepala Bank Aceh Bener Meriah Fajar Rajasa, yang juga ikut dalam rombongan saat ditanya wartawan menyatakan komitmen pihaknya untuk pembangunan taman ini.

“Untuk tahun ini kita sepakat dengan Pemerintah Bener Meriah untuk memfokuskan membangun taman bunga yang dibantu oleh dana CSR Bank Aceh” kata Fajar Rajasa.

Menurutnya, disamping sebagai taman hiburan masyarakat, diharapkan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi. Oleh karenanya, pihak Bank Aceh akan selalu mendukung pembangunan taman ini  yang juga bekerjasama dengan pihak  Bandara Rembele yang memiliki lahan.

” Dengan adanya para pengunjung, maka secara otomatis akan muncul kios-kios penjual makanan, dan juga kios sourvenir khas Bener Meriah, kegiatan untuk membangun taman ini akan kita usahakan terus berjalan dan kita akan mendukung biaya untuk pembangunannya “ujarnya.

Informasi yang didapat Kabargayo, penanaman perdana bunga di taman ini akan di lakukan Plt Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah atau diwakili Istrinya pada acara penutupan pelaksanan PIPMG 13 Juli 2019 mendatang. ( Gn/Arsadi Laksamana)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!