Menghadapi Corona, Kadis Pangan Ajak Warga Pertahankan Kearifan Lokal Yang Hilang, Keben

  • Whatsapp
Kadis Pangan Aceh Tengah, Juanda,

Kabargayo.com, Takengon; Kadis Pangan Juanda mengatakan untuk menghadapi wabah corona yang mungkin akan berlangsung lama, pihaknya menghimbau masyarakat untuk melalukan penanaman kebutuhan pangan, seperti Jagung, Ubi Jalar, Ubi Kayu serta untuk mengisi Keben atau Lumbung

Menurutnya, kabupaten Aceh Tengah dengan kondisi tanah subur tidaklah begitu susah dalam mengelola dan mempersiapkan kebutuhan pangan masyarakat. “Dinas Pangan sudah mengerakan masyarakat untuk melakukan penanaman untuk mencukupi kebutuhan pangan di Aceh Tengah,” kata Juanda, (30/4).

Menurut, Juanda kejadian hari ini juga pernah dialami oleh orang-orang terdahulu ditahun 70an. Pada masa itu masyarakat Gayo selalu menyiapkan Keben atau Lumbung untuk mengantisipasi keadaan pangan.

“Dulu orang-orang tua kita selalu mengisi keben untuk mempersiapkan terutama masa paceklik atau daerah dilanda wabah seperti sekarang ini,” ucap Juanda. Disampaikan Juanda, masa masa dulu masyarakat kita selalu membudayakan keben, hampir sertiap rumah dan desa mempunyai.

“Hari ini kita harus lebih bercermin ke masa lalu dengan sigapnya orang dulu mempersiapkan ketahanan pangan menghadapi situasi seperti sekarang ini,” ajak Juanda.

Situasi seperti hari ini menurutnya tidak bisa diprediksi sampai kapan, walau semua pihak sudah mengeluarkan himbauan-himbuan. Namun begitu, semua kita menginginkan wabah ini cepat berlalu.

“Tidak ada satu manusiapun yang bisa memastikan situasi hari ini. Wabah berhenti bulan depan atau kapan. Kita harus siap dengan situasi terburuk dengan melakukan cocok tanam untuk persiapan,” ujar Juanda lagi. (Putra Gayo/Arsadi)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.
  • Whatsapp

Related posts