Mengenal Sosok Kapolres Aceh Tengah AKBP Nono Suryanto S.IK

  • Whatsapp
Kapolres Aceh Tengah AKBP Nono Suryanto SIK (Photo/Istimewa)

Kabargayo.com, Takengon | Mulai hari ini, Kapolres Aceh Tengah AKBP Nono Suryanto,S.IK mulai bertugas di Negeri berhawa sejuk itu, hari perdana bertugas langsung menggelar konfrensi pers bersama awak media menyangkut kasus pencurian sepeda motor yang kian meresahkan masyarakat.

Read More

Awal mula di Aceh pria asli kelahiran Pulau Jawa Bondowoso Jawa Timur itu menjabat sebagai Bawah Kendali Operasi (BKO) pada tahun 2003 silam di Aceh Timur.

Disanalah pria kelahiran Bondowoso 14 November 1976  banyak menyimpan kenangan-kenangan indah tentang Aceh, bahkan pada saat itu Aceh masih dalam situasi darurat.

AKBP Nono Suryanto terlahir dari keluarga Polri, Karirnya adalah Akpol angkatan tahun1999 dan memulai karir di Polda Jawa Barat selama kurang lebih 5 bulan. Kembali dipercayakan pimpinan setelah ia ajukan bertugas ke daerah Sumatera yaitu Polda Jambi, disana ia turut bertugas selama 4 tahun.

Iapun memutuskan untuk melanjutkan pendidikan Perwira Ilmu Kepolisian, setelah lulus ia pun kembali bertugas di Polda Aceh pada tahun 2005. Ia dipercayakan sebagai Kasat Intel Polres Langsa selama kurang lebih 3 tahun 4 bulan lamanya.

Ia menilai, di Langsa ia bertugas cukup lama dan menyimpan banyak cerita serta kenangan-kenangan tersendiri, Ia menyebut lamanya ia bertugas disana karena tidak ada gantinya ketika itu.  Setelah Pangkat Kompol/Mayor bergulir, Ia pun dipercayakan kembali sebagai Kabag Ops polres Aceh Tamiang. Kurang lebih ia bertugas selama 1 tahun setengah.

Usai menjabat sebagai Kabag Ops Polres Aceh Tamiang, ia kembali diamanahkan menjabat sebagai Wakapolres Aceh Tengah kurang lebih selama satu tahun. Perputaran pun kembali dilakukan, ia turut dipercayakan bertugas sebagai Wakapolres Langsa kurang lebih selama satu tahun enam bulan. Usai dari situ, iapun bersiap untuk melanjutkan pendidikan.

Setelah lulus mengenyam pendidikan, AKBP Nono Suryanto S.IK kembali dipercayakan di Polda Kalimantan Timur.  “Selama saya bertugas di Kaltim, Kawan-kawan dari Aceh sering dikirmi saya Kopi Gayo, mungkin alasan Kopi itu saya kembali ditempatkan di Aceh Tengah,” kata pria dua anak itu, diantaranya, laki-laki kelas 2 SMP dan Perempuan kelas 6 SD, kepada Kabargayo.com, Selasa (03/03/2020) di ruang kerjanya.

Ia mengaku, siap meneruskan visi dan misi AKBP Hairajadi SH selama memimpin Kapolres Aceh Tengah, melanjutkan yang tertunda dan siap bertugas diwilayah hukum resort Kabupaten Kopi Arabika itu.

“Selamat bertugas Abangda Hairajadi ditempat baru (Wadir Reskrimsus Polda Aceh-red) kami siap melanjutkan visi dan misi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat untuk wilayah hukum Aceh Tengah ini,” papar Nono sembari menyebut ia welcome dengan seluruh masyarakat di Negeri berhawa sejuk itu.

Ia menyebut, kurang lebih selama sepuluh tahun ia tinggalkan Aceh Tengah, tentu, banyak perubahan yang ia rasakan dan yang ia lihat. Terutama bangunan baru Polres yang kian bersolek.

“Setelah kembali lagi ke Aceh Tengah saya kaget, banyak  sekali yang berubah, terutama bangunan Polres,” kata dia memaparkan rasa kaget setelah mendarat di Gayo Lut itu.

Diakhir percakapanya, ia meminta seluruh masyarakat Aceh Tengah bersiap membantu tugas kepolisian dalam hal menjaga keamanan, ketertiban serta membantu kepolisian untuk memberantas penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di Kabupaten penghasil Ikan Depik itu. (Karmiadi)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts