Melihat Pesona Gunung Burni Telong di Bener Meriah

REDELONG: Bagi anda yang suka travelling, terutama hobi mendaki, salah satu pilihan yang bisa ditempuh adalah Gunung Burni Telong di Bener Meriah. Keindahan dan pesonanya tak diragukan lagi.

Pesona utama Gunung Burni Telong mempunyai pemandangan yang menakjubkan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.624 meter di atas permukaan laut. Termasuk dalam 10 gunung tertinggi di Provinsi Aceh.

Saat ini, Burni Telong destinasi favorit bagi para pecinta alam serta wisatawan yang hobi mendaki gunung. Sembari menuju puncak, para pendaki akan bisa menikmati pemandangan menawan, yakni hamparan perkebunan terutama perkebunan kopi arabika Gayo yang telah sangat dikenal oleh dunia.

Menuju puncak Burni Telong, ada dua rute yang dapat ditempuh. Rute pertama dari Desa Sentral di lereng tenggara. Rute kedua ada di lereng barat daya, dari Bandar Lampahan, rute ini menjadi pilihan yang banyak dipilih.

Untuk menuju puncak, dibutuhkan sekitar 3-4 jam untuk mencapai kawah. Jika ditempuh dari ibu kota Bener Meriah, Simpang Tiga Redelong berjarak kurang lebih sekitar 16 kilometer dan dapat ditempuh sekitar 30 menit.

Gunung ini terletak pada koordinat 4 derajat 38’47”- 4 derajat 88’32” LU dan 96 derajat 44’42”- 96 derajat 55’03” B. Kini dijadikan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Bener Meriah. Tiap tahunnya ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Jika ingin mendaki, dari desa Rembune anda bisa ke Pos pendakian yang dikelola oleh masyarakat setempat. Pendaki diwajibkan untuk memberikan identitas, serta membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 untuk setiap orang. Dari pos ini jarak ke kaki gunung hanya sekitar 3 kilometer saja.

Dipuncak Burni Telong, selain terdapat anggrek liar, anda akan mendapati Bunga Edelweis yang dikenal sebagai salah satu jenis bunga langka. Mencapai puncak gunung yang tingginya lebih dari 2.600 meter diatas permukaan laut ini anda juga akan dimanjakan fanorama deretan perbukitan hijau serta lautan awan. Momen yang tak boleh anda lewatkan adalah momen sunrise di puncak gunung.

Tak hanya dimanjakan dengan pemandangan indah, dikawasan ini juga kaya dengan tumbuhan karnivora Kantung semar (Nephentes spp.) yang indah dan eksotis. Selain itu di kawasan ini juga didentifikasi 11 jenis burung endemik Sumatera dan 51 jenis burung non-endemik .

Bagi para pendaki yang belum pernah ke puncak Burni Telong, tak perlu khawatir, terdapat pemandu dari warga setempat yang bersedia untuk mengantar wisatawan hingga ke puncak gunung. Selain itu ada juga jasa antar jemput yang bersedia mengatar pendaki dari pos pendakian menuju ke titik awal pendakian .

Untuk perbekalan, terdapat warung-warung masyarakat setempat yang menyediakan makanan di desa Rembune. Anda bisa membeli perbekalan juga bisa mencicipi kopi gayo yang telah terkenal kenikmatannya. (Wien Pengembara)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!