Melihat Pasukan Oranye Membersihkan Sampah Usai Pacuan Kuda

  • Whatsapp
Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Zikriadi bersama salah seorang membersihkan sampah di Blang Bebangka.

Kabargayo.com, Takengon: Hajatan pacuan kuda tradisional di Gayo selalu semarak. Tradisi budaya yang telah melekat sejak lama, ajang hiburan dan silaturahmi rakyat. Tahukah anda setiap acara ini usai petugas kebersihan mau tak mau harus berjibaku membersihkan sampah.

Seperti Pacuan kuda yang digelar memeriahkan HUT Kota Takengon tahun ini, demi kenyamanan masyarakat sekitar Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kabupaten Aceh Tengah bekerja keras membersihkan sampah di lapangan Pacuan Kuda Belang Bebangka, Kecamatan Pegasing. Kegiatan itu dinas menerjunkan puluhan pasukan Oranye.

Read More

Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Zikriadi menyampaikan kebersihan lapangan tersebut harus cepat dilakukan agar masyarakat setempat nyaman dalam beraktifitas. Lain itu kebersihan harus selalu diutamakan agar terhindar dari penyakit.

Pasukan oranye istirahat disela-sela tugas membersihkan sampah di Blang bebangka

“Sampah pacuan kuda harus cepat kami bersihkan agar semua nyaman dalam beraktifitas, kalau sudah bersih tentu kita semua terhindar dari penyakit,” kata Zikriadi melalui saluran telepon.

Sampah hasil pacuan kuda diperkirakan mencapai 7 ton, ini terdiri dari sampah plastik dan kertas hasil pedagang yang berjualan selama sepekan di lapangan tersebut.

Kegiatan tradisional pacuan kuda di Belang Bebangka itu menurut Zikriadi selama ini juga telah disediakan tong sampah, namun entah bagaimana tetap saja yang penuh lapangan bukan tong sampah.

“Kalau sudah begitu tidak ada cara lain harus mengerahkan untuk membersihkan lapangan pacuan kuda tersebut. Sampah kering yang tersisa harus segera dibuang,” ujar Zikriadi yang sesekali turun tangan memegang sapu membersihkan lapangan.

Lanjut Zikriadi, pembersihan ini tidak bisa selesai dalam satu hari, karena cuaca panas serta angin kencang membuat para petugas sering kali harus mengambil masa istirahat.

Diakui atau tidak, petugas kebersihan adalah pihak yang berjasa untuk menciptakan suasana nyaman dan bersih. Sampah selalu diidentikkan dengan hal-hal kotor dan bau busuk menusuk hidung. Tanpa petugas kebersihan bisa dibayangkan bagaimana kondisi lingkungan kita.(Putra Gayo)

Related posts