Masyarakat KMAP Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

TAKENGON: Keluarga Masyarakat Aceh Pesisir (KMAP) yang selama puluhan tahun telah hidup menetap dan mencari nafkah di Aceh Tengah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid KMAP terletak di Desa Belang Kolak I, Buntul Temil, Sabtu (29/12/2018).

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW diperingati sangat meriah serta dengan antusias oleh masyarakat perantaun pesisir tersebut. Tampak ratusan sajian menu khas Aceh Pesisir dihidangkan untuk disantap oleh para undangan yang datang baik dari seputaran Kota Takengon serta undangan Saudara Pesisir yang ada di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Ketua Panitia Maulid Nabi, Muzakir Muhammad mengatakan kegiatan maulid nabi ini setiap tahun diadakan oleh KMAP. Keluarga KMAP yang ada di Aceh Tengah selalu sedia dan bahagia saat pelaksanaan maulid tersebut.

“Kita setiap tahun melaksanakan kegiatan ini. Dan masyarakat pesisir yang ada di Aceh Tengah selalu antusias melakukanya,” jelas Muzakir. Disampaikan oleh ketua panitia dalam kegiatan tersebut juga dihadirkan penceramah Tgk Yusri Puteh.

Yusri Puteh dalam tausiahnya menurut Muzakir, menyampaikan bagaimana baginda Nabi Muhammad SAW mengembangkan agama ALLAH hingga dirinya sendiri terancam saat itu.

Dalam acara maulid tersebut panitia juga menyantuni sebanyak 200 anak yatim. “Biaya santunan anak yatim ada yang berasal dari Pak Tagore Abubakar anggota DPR-RI. Kebetulan berhalangan hadir,”sebutnya.

Kegiatan tahunan ini menurut Muzakir, selalu mendapatkan respon dan dukungan penuh dari keluarga KMAP. “Kita selalu patungan untuk kegiatan maulid nabi ini. Dan semua setuju untuk memeriahkan maulid nabi Muhammad SAW,”.

Untuk kabupaten Aceh Tengah jumlah masyarakat pesisir (KMAP) menurut Muzakir ada sekitar 3000 orang dan kalau digabungkan dengan Kabuten Bener Meriah mencapai 12000 orang.

“Jumlah masyarakat pesisir yang ada di dua kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah mencapai 12000 orang,” tutur Muzakir yang sukses melaksanakan kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW.

Ratusan hidang dari berbagai menu khas aceh pesisir siap disantap undangan dengan lahap. Tentu ajang maulid ini selalu dirindukan oleh masyarakat KMAP karena selain memeriahkan maulid nabi juga mengikat silaturahmi antara warga perantauan.(Putra Gayo)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!