Masyarakat Antusias Kunjungi Pameran Seni Dan Benda Budaya 

Abdul Mutalib Kabid Seni Budaya Kunjungi Stan SMA Negeri 2 Bandar

REDELONG : Masyarakat Bener Meriah khususnya Kecamatan Bukit dan para pelajar  begitu antusias mengunjungi pameran karya seni dan benda budaya yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah,  berlangsung dihalaman Gedung Olah Raga dan Seni ( GORS ) setampat. 

Kepala Bidang Pendidikan Seni Budaya Dinas Pendidikan Abd Mutalib, S.pd kepada Kabargayo Selasa ( 15/11 )di Stan SMA Negeri 2 Bandar mengatakan, masyarakat sanggat antusias mengunjungi pameran ini. Bahkan tadi malam pun banyak masyarakat yang datang namun pameran tidak buka pada malam hari. Kata Abd Mutalib. 

” tadi malam pun sebenarnya banyak masyarakat yang berkunjung ke pameran ini, tapi karena pameran tidak dibuka akhirnya mereka pulang. Untuk itu kami akan koordinasikan dengan Dinas Syari’at Islam apakah bisa dibuka sampai jam 10 malam saja” ujarnya. 

Pengunjung Pameran Karya Seni dan benda Budaya

Pameran Karya Seni dan benda Budaya Tingkat SD, SMP, SMA/SMK sederajat sedikitnya diikuti 120 peserta, dan 30 Stan yang terdiri dari peserta tingkat SD sebanyak 48 peserta, SMP 36, dan SMA 36 peserta. Tutur Abd Mutalib. 

Sementara untuk Stan sendiri kita persiapkan sebanyak 30 stan, setiap UPTD punya 10 stan yang diisi 4 stan untuk SD, 3 SMP, dan 3 SMA masing-masing per UPTD. Papar Abd Mutalib. 

Dia juga menjelaskan, dalam pameran ini ada beberapa kriteria penilaian oleh juri, seperti Karya seni pelajar, Benda Budaya yang ditampilkan, dan sebagai pendukung penilaian lainnya banyaknya pengunjung kestan tersebut. Pungkas Kabid Seni Pelajar Budaya tersebut. 

” mengenai Karya Seni yang dinilai, yang ditampilkan tersebut harus benar-benar karya peserta bukan barang yang dibeli atau disewa lalu dipajang distan, dan dewan juri pasti tau karya peserta itu sendiri atau dibeli ” Sebutnya. 

Abd Mutalib berharap, pameran seni ini dapat memotivasi Seluruh pelajaran di Bener Meriah untuk menciptakan inovasi kreatif serta meningkatkan pengetahuan tantang keberadaan benda Budaya. Pintanya. 

Salah satu dewan juri Hamdani Toa saat ditanya perihal penilaian terhadap karya seni itu sendiri menjelaskan, karya seni yang diciptakan peserta yang mempunyai inovasi daya tarik serta dapat dijual dan dikembangkan menjadi dominan penilaian. Ujarnya

Lebih lanjut dikatakannya, menyangkut benda Budaya kita menilai dari beberapa aspek tentang benda Budaya itu, dalam hal ini peserta dituntut harus mampu menguasai dan menjelaskan makna benda Budaya yang dipamerkan. Jelas Hamdani. ( Gona ) 

Komentar Anda
SHARE