Majelis Adat Gayo Aceh Tengah Akan Gelar Musda

  • Whatsapp
Majelis Adat Gayo Aceh Tengah saat rapat bersama Steering Committee di Aula rapat Majelis Adat Gayo setempat. (Photo/Kar)

KABARGAYO.COM, Takengon; Majelis Adat Gayo (MAG) Kabupaten Aceh Tengah dijadwal akan menggelar Musyawarah  Daerah ke-2, acara itu direncanakan akan dilangsungkan pada 09 Juli 2020 mendatang.

Upaya musyawarah untuk menentukan pengurus baru periode 2020-204 itu terus dirampungkan, termasuk menggelar rapat dengan Steering Coommittee dan Organizing Coommittee membicarakan tentang tekhnis dan persiapan dokumen serta kelengkapan dalam pelaksanaan “Keramat Mufakat”.

Read More

Majelis Adat Gayo sebelumnya dikenal dengan “Mangoo” dipimpin oleh Ir,M.Jusin Saleh,MBA, kepengurusanya itu berakhir pada Agustus 2020 mendatang sesuai SK yang ditandatangi oleh Plt Bupati Aceh Tengah Al-Hudri 2016 yang lalu.

Ketua Steering Coommittee (Panitia Pengarah-red) dipercayakan kepada Turham, ia ditunjuk oleh forum dinilai memiliki andil terhadap berdirinya Majelis Adat tersebut, terlebih ia juga ikut berjuang pada Musda ke-1 beberapa waktu yang lalu.

“Dulu sedikit rumit pelaksanaanya, untuk Musda tahun ini sudah memiliki Juknis tersendiri termasuk belajar dari pengalaman, apalagi sudah dikeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang kegiatan ini, acuanya sudah jelas” kata Ketua Majelis Adat Gayo Aceh Tengah Jusin Saleh, Kamis (18/06/2020) di Takengon.

Siapapun nantinya yang akan terpilih sebagai ketua Majelis Adat maka ialah yang akan meneruskan perjuangan untuk menggali, melestarikan nilai dan norma-norma adat dan istiadat di Negeri berhawa sejuk itu.

Menurutnya, kegiatan Musda itu direncanakan akan digelar secara sederhana, terlebih saat ini dunia sedang dirundung duka akibat Pandemi Covid-19. “Kita usahakan satu hari kegiatan ini selesai, artinya, dalam satu hari itu semua ketentuan dan kewajiban Musda harus dilalui hingga diputuskan siapa yang menjadi ketua,” papar Jusin Saleh.

Tambahnya lagi, peserta yang akan terlibat langsung dalam kegiatan itu sebanyak 40 orang, tertdiri dari, Internal Majelis Adat Gayo Aceh Tengah sebanyak 15 orang, Mukim yang tersebar di 14 Kecamatan sebanyak 20 orang dan dari Akademisi (1), Budayawan (1), Sejarawan (1), Tokoh Adat Kampung (1) dan ahli purbakala (1).

“Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar, tidak ada kendala sedikitpun,” tutup Jusin Saleh usai menggelar rapat dengan panitia pengarah.

Untuk diketahui, Majelis Adat Gayo Aceh Tengah kini dipimpin oleh Ketua Jusin Saleh beserta 2 wakilnya yaitu Banta Cut Aspala dan M.Thaib KB, sedangkan bidang-bidang yaitu, Bidang Hukum adat, Bidang Khazanah adat, Bidang Perempuan dan bidang penelitian dan pengembangan. (Kar)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts