Mahasiswa Unsyiah Ikuti Pembekalan KKN oleh Plt Bupati Bener Meriah

0


BANDA ACEH: 1.400 lebih Mahasiswa Universitas Syiah Kuala antosias mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diberikan oleh Plt Bupati Bener Meriah Drs. Hasanuddin Darjo, MM di Gedung Dayan Dawood Banda Aceh, Selasa (20/12) Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsyiah.
Acara tersebut dihadiri oleh Kepala LPPM Unsyiah, para DPL (dosen pembantu lapangan), civitas akademika Unsyiah serta juga Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Bener Meriah, Irmansyah, S.STP.

LPPM Unsyiah pada tahun ajaran 2016/2017 ini memilih Kabupaten Bener Meriah sebagai lokasi tunggal penyelenggaraan KKN PPM Mahasiswa Unsyiah. Pelaksanaan KKN tersebut dijadwalkan berlangsung di sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Bener Meriah mulai tanggal 11 Januari s/d 10 Februari 2017 mendatang.

Plt Bupati Bener Meriah dalam kesempatan tersebut, mengharapkan peran aktif mahasiswa dalam optimalisasi penggunaan dana desa sebagaimana tertulis dalam tema yaitu dengan pelaksanaan KKN PPM Unsyiah Tahun 2017 kita tingkatkan optimalisasi penggunaan dana desa demi meningkatkan pembangunan di Kabupaten Bener Meriah.

Drs. Hasanuddin Darjo, MM menceritakan tentang potensi yang ada di Kabupaten Bener Meriah secara umum, mulai dari pemerintahan, perekonomian, geografis, demografi dan suku yang ada di Kabupaten Bener Meriah. “Kabupaten Bener Meriah ibarat negeri di atas awan, dimana hawa pengunungan yang sejuk ditambah dengan heterogennya masyarakat di Kabupaten Bener Meriah membuat orang merasa betah untuk tinggal disana,”terangnya.

Plt Bupati Bener Meriah meminta kepada panitia penyelenggara KKN PPM Unsyiah agar masa bakti mahsasiwa di Kabupaten Bener Meriah dapat ditambah menjadi 2,5 bulan. Hal ini dikarenakan banyaknya potensi dan peluang yang musti dibagun di Kabupaten Bener Meriah dan dengan kehadiran mahasiswa diharapka masyarakat Kabupaten Bener Meriah dapat tercerahkan. “Saya juga meminta agar setengah dari seluruh mahasiswa Unsyiah untuk dapat melakukan KKN di Kabupaten Bener Meriah,”pinta Darjo.

Pantauan didalam Gedung Dayan Dawood Banda Aceh itu, acara yang informal ini ternyata mendapat respon yang sangat positif oleh mahasiswa yang hadir, hal ini tercermin dari banyaknya mahasiswa yang ingin bertanya langsung kepada Plt Bupati Bener Meriah.

Dari sekian banyak pertanyaan yang diajukan oleh mahasiwa Unsyiah tersebut  salah satunya adalah pertanyaan apakah mahasiswa dapat melakukan intervensi terhadap pengelolaan dana desa, terkait hal itu, Plt Bupati menegaskan bahwa sepanjang yang diintervensi adalah manjemen dan bermuara kepada hal yang positif maka Plt Bupati Bener Meriah mempersilahakan mahasiswa untuk melakukannya, hal ini menurut Darjotentunya juga demi kebaikan kampung itu sendiri.

Sementara itu mengenai pertanyaan tentang apa yang dapat dilakukan oleh mahasiswa selama KKN di KabupatenBener Meriah, Plt  Bupati menjawab sangat banyak hal yang dapat dilakukan di Kabupaten penghasil kopi itu, diantaranya,beliau menyarankan bagi yang berasal dari Fakultas Teknik agar dapat menciptakan tenaga surya murahan, agar seluruh areal persawahan dan daerah yang terisolir dapat dialiri oleh listrik.“Saya juga mengajak agar semua mahasiswa dapat turun ke sekolah-sekolah untuk menampilkan keunggulan fakultas masing-masing, sehingganantinya, diharapkan pada tahun 2017 mendatang semua alumni SMA sederajat yang ada di Bener Meriah dapat melanjutkan ke peguruan tinggi ini,”ujara Drs. Hasanuddin Darjo, MM. 

Diakhir penjelasannya Plt Bupati Bener Meriah juga berjanji kepada mahasiswa bahwa nantinya akan diperkenalkan dengan seluruh stakeholders pemerintahan yang ada di Kabupaten Bener Meriah, agar memudahkan mahasiswa dalam melakukan KKN PPM di Bener Meriah. Tak lupa pula di akhir sesi, Plt Bupati memperkenalkan Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Bener Meriah kepada mahasiswa guna menjembatani segala persoalan yang mungkin dihadapai mahasiswa di lapangan.(REL)

Komentar Anda
SHARE