Lomba Asman TOGA dan Taman Pangan Lestari Tahun 2019 Digelar di Kecamatan Timang Gajah

  • Whatsapp

REDELONG: Kecamatan Tiamang Gajah Kabuapten Bener Meriah menggelar lomba Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) dan Taman Pangan Lestari (Pencengahan Stunting) tingkat Kecamatan Timang Gajah Tahun 2019 Kampung Linung Bale, Kemukiman Tunyang, Minggu, 10/11/2019.

Camat Kecamatan Timang Gajah Budi Nugroho, S.IP kepada Humas Setdakab Bener Meriah menyampaikan, Kecamatan Timang Gajah dalam mendukung program pemerintah khususnya yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat akan terus berusaha dengan sungguh-sungguh dan mengajak seluruh lapisan masyarakat Timang Gajah untuk selalu menanamkan pola hidup sehat, kata Budi Nugroho.

Lebih lanjut Budi Nugroho menjelaskan, untuk memotivasi warga dalam hal itu, maka kita adakan lomba Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) dan Taman Pangan Lestari (Pencengahan Stunting) tingkat Kecamatan Timang Gajah Tahun 2019 Kampung Linung Bale, Kemukiman Tunyang, ujar Budi Nugroho.

“Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah, untuk memberikan stimulus dan motivasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan secara optimal, mengedukasi masyarakat terkait tanaman obat keluarga, mensosialisasikan Fungsi Taman Pangan Lestari sebagai bagian dari pencegahan stunting, dan terakhir adal untuk Penataan Wajah Desa”, Budi Nugroho menjelaskan.

“Kegiatan Lomba itu dibagi dalam 2 kategori yaitu: 1. Lomba Antar Dusun yang diikuti oleh 3 Dusun (Sara Pakat, Sara Ide dan Sara Rasa) ke-2. Lomba Antar Kepala Keluarga. Dengan Kriteria penilaian:Keberagaman Jenis TOGA dan Muatan dalam penyampaian Informasi kepada masyarakat, dan Estetika (Kelengkapan sarana:Pagar/Rak/Kolam, Kesesuaian warna, Tata letak/kerapian dan keteraturan, Kebersihan lokasi)”, urai Camat Timang Gajah itu.

Sementara Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah Ny. Nimkah Sarkawi ketika ditanya terkait kegiatan tersebut mengatakan, saat ini banyak tanaman yang dimaanfaatkan menjadi Toga, sehingga perlu di bentuk kelompok – kelompok Toga di masyarakat, dengan tujuan mewadahi pemanfaatan kesehatan masyarakat, ucapa Ny. Nikmah Sarkawi.

“Kita mengharapakan dengan kegiatan seperti ini, secara tidak langsung kita dapat mengajak masyarakat untuk menerapakan obat tradisional yang aman, serta mewujudkan masyarakat yg sehat, maju dan tentram, dalam hal ini kita akan selalu mengevaluasi dan memonitoring klompok Toga di masing – masing desa dimasing-masing kecamatan, jelas Ny. Nikmah Sarkawi.

Sementara Tim Penilai kegiatan itu terdiri dari: Camat Timang Gajah (Estetika), Ketua TP PKK Kec.Timang Gajah (Keberagaman Jenis TOGA), Ibu Yani Mukhlis dari Puskesmas Lampahan (Manfaat Jenis Tanaman Obat)

Acara kegiatan itu dihadiri oleh Anggota DPRK Bener Meriah Gumara beserta Ibu, Ketua TP PKK Kec.Timang Gajah beserta Anggota, Puskesmas Lampahan, Babinsa Linung Bale, Reje Kampung, Perangkat Kampung dan Petue Kampung. (REL)

  • Whatsapp