Lokakarya Pengembangan Sistem Informasi Desa Digelar di Bener Meriah

 

REDELONG : Wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi membuka lokakarya pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) di Mess Pemkab setempat, Senin (24/7).

Kegiatan  tersebut berlangsung atas kerjasama Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK), Pemkab Bener Meriah melalui Dinas Infokom, Pemerintah Aceh, dan Australia Govermanst. Acara itu dihadiri Anggota DPRK Bener Meriah, Kadis Infokom Bener Meriah, DPMG Aceh, Satker P3MD Aceh, Kepala DPMG Kabupaten, narasumber, fasilitator, Satker dan sejumlah undangan lainnya.

 Tgk. H. Sarkawi pada kesempatan tesebut menyampaikan, lokakarya pengembangan SID sangat penting dan strategis, “kamis juga sudah melakukan diskusi beberapa hal dengan Kompak terkait lakakarya ini,”terang Wabup.

kegiatan lakokarya itu menurut Wabup adalah rahmat yang besar untuk Bener Meriah karena dilibatkan dalam program kompak yang sangat penting tersebut.

“Muara semua program adaanya di desa sebenarnya, tetapi, terkadang kita tidak mendapatkan data yang kongkrit dan ril seperti apa petani kita hari ini. Dengan adanya SID nantinya, semua hal didesa semua dapat tergambar disana,”terang Abuya Sarkawi. Oleh karenannya Wabup Bener Meriah meminta acara tersebut dapat dioptimalkan bersama-sama.

Sebelumnya Rando Nadeak dari KOMPAK menyampaikan, acara lakokarya pengembangan informasi desa merupakan salah satu satu bagian kegiatan KOMPAK yang berhubungan dengan satu sistem informasi desa, yang diharapkan dapat mengimplementasikan sebagaian dari Undang-undang desa nomor 6 Tahun 2014, khusunya berkaitan dengan informasi desa pada pasal 86 “pasal tersebut menyebutkan pemerintah daerah, pemerintah kabupaten berkewajiban memberikan, menyediakan, dan mengembangkan satu sistem informasi desa yang kemudian dapat dikelola oleh masyarakat sebagai sarana, agar masyarakat juga mampu mengakses data dan informasi,”ujarnya.

Katanya lagi, semua itu dalam rangka untuk mendorong transparansi akuntabilitas dari pelaksanaan pembangunan, demikian juga mendorong proses-proses perencanaan yang dapat menggunakan data sebagai basis bukti lebih akuratnya, terarahnya pelaksanaan perencanaan pembangunan.

“KOMPAK dalam hal ini berusaha mengambil bagian untuk memfasilitasi, bekerjasama tentunya dengan pemeritah kabupaten, apa yang bisa diapokasi didampingi oleh KOMPAK dalam rangka pemerintah kabupaten mempunyai tujuan atau agenda dalam proses pelaksanaan pembangunan, jadi posisi KOMPOK disini bisa membantu memfasilitasi rencana-rencana dalam pelaksanaan pembangunan.”terang Nadeak.(REL)

SHARE