Lantik Reje 96 Reje Terpilih, Ini Pesan Bupati Sarkawi

REDELONG: Reje Kampung harus melakukan tugasnya sebaik mungkin dan mengelola dana desa dengan tranfarans dengan musyawarah desa dan mengayomi masyarakat yang ia pimpin.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi saat melantik dan mengambil sumpah 96 Reje Kampung terpilih Bener Meriah yang merupakan hasil dari pemilihan Reje Kampung serentak. Pelantikan ini berlangsung di GOR Simpang Tiga. Sabtu (5/10/2019).

Sarkawi juga mengingatkan Reje yang dilantik untuk mengelola dana desa dengan hati-hati melibatkan aparatur kampung melalui musyawarah desa. Termasuk Untuk pekerjaan fisik meminta untuk diperdayakan tukang-tukang dari kampung. Selain itu benar-benar memfungsikan kantor desa yang telah ada di tiap kampung.

Sarkawi mengungkapkan saat ini pembangunan semua dari desa. Untuk itu Reje Kampung harus terus berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait terutama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK) untuk memaksimalkan program-program yang ada dalam rangka pembangunan Bener Meriah yang semakin baik.

“Kalau sebelumnya banyak difisik, ke depannya harus banyak ke pemberdayaan sosial”terangnya.

Selain itu, orang nomor satu di kabupaten ini Bener Meriah ini juga menerangkan ada tiga program yang belum maksimal berjalan di Kampung saat ini, yakni taman desa, pembersihan sampah program life skill untuk Karang Taruna, yang ada alokasi anggarannya dalam dana desa.

Ia menjelaskan taman desa bukanlah taman yang dibuat hanya beberapa meter saja, namun tanam seluruh lingkungan kampung, menjadikan kampung sebagai taman. Memperindah sekitar jalan lingkungan, halaman rumah warga dan sebagai. Untuk program ini ada alokasinya dalam dana desa, sekitar 20 jutaan.

“Kita berharap tiga program ini ke depannya akan berjalan maksimal”jelasnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini merupakan tahap pertama dari 138 Reje kampung yang terpilih. Termasuk seorang perempuan yang terpilih menjadi reje di kecamatan Wih Pesam.

Selain dihadiri oleh Muspida Plus pelantikan ini dihadiri oleh aparatur kampung yang ada di Bener Meriah. Juga, sanak sanak family Reje yang dilantik. Reje yang dilantik berasal dari kampung-kampung yang ada di 10 Kecamatan di Bener Meriah.

Para reje yang dilantik dalam kesempatan ini juga di pesiujiek (tepung tawar) oleh Majelis Adat Aceh (MAA) dan Majelis Adat Gayo (MAG). (Arsadi)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!