Kuyun Uken Launching Panen Padi Organik

  • Whatsapp

Kabargayo.com, Takengon: Bupati Aceh Tengah yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah, H. Harun Manzola, SE, MM hadiri sekaligus membuka secara resmi Gerakan Panen dan Launching Padi Organik Tahun 2021, di Kawasan Persawahan Kampung Kuyun Uken Kecamatan Celala, Pada Kamis (18/11/21).

Pada kesempatan tersebut, dalam arahan tertulis Bupati Aceh Tengah menyampaikan, “Hari ini kita mengikuti kegiatan yang sangat penting, yaitu panen dan launching Padi Organik yang dikelola oleh Masyarakat Kampung Kuyun binaan Dinas Pertanian Aceh, Kami sangat menghargai upaya Masyarakat dalam mengelola lahan persawahan dengan pola tanam Padi Organik yang Kita laksanakan hari ini,” ujar Asisten II membaca sambutan Bupati.

Read More

Selanjutnya disampaikan, gerakan menanam Padi jenis Organik ini harus kita galakkan, disamping tanaman pokok seperti komoditas Kopi Organik yang telah lebih dahulu populer ditekuni oleh masyarakat Aceh Tengah hingga dengan saat ini.

“Keberhasilan masyarakat Kampung Kuyun Kecamatan Celala hari ini hendaknya dapat menjadi motivasi kebaikan yang menyebar ditengah Masyarakat Aceh Tengah, yang mendiami Wilayah lainnya,” lugasnya lebih lanjut.

“Kami menghimbau pada masyarakat agar dapat memanfaatkan setiap jengkal tanah yang dimiliki dengan turut menanam komoditi organik unggulan yang produktif dan menghasilkan nilai ekonomi yang lebih baik lagi,” imbau Bupati Aceh Tengah dalam sambutannya.

Kepala dinas Pertanian, Ir. Nasrun Liwanza, MM sebelumnya menyampaikan, apresiasi karena para petani di Kampung Kuyun Uken, yang masih terus menjalankan kehidupan dengan mengelola lahan pertaniannya, hingga dapat terlaksananya panen Padi Organik dengan hasil yang memuaskan.

“Dengan memakai pupuk organik, hasil pemanfaatan pupuk organik dapat menghasilkan produk pertanian yang lebih baik untuk petani dengan biaya produksi jauh lebih rendah. Penggunaan pupuk organik juga untuk kelestarian lingkungan dan mengembalikan kualitas tanah,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pertanian akan terus bersinergi dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, untuk membangun sektor pertanian lebih baik kedepannya.

Dan untuk pengembangan lanjutan, diharapkan agar ada bantuan pupuk organik, serta ada upaya pemberian pelatihan bagi para petani untuk dapat membuat pupuk organik sendiri dan dapat mengaplikasikan hasilnya dalam memaksimalkan hasil panen Padi organik tersebut.

“Melihat hasil produksi panen Padi organik ini, kami berharap kedepannya para Petani dapat menggunakan pupuk organik buatan sendiri, dimana perawatan dan pemakaiannya jauh lebih mudah dan hasil dari produk tersebut juga lebih menjanjikan karena dapat mengurangi biaya produksi dan tentunya hasil panen bagus untuk dikonsumsi bagi kesehatan karena jauh dari unsur kimia,” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah H. Harun Manzola, SE, MM atas nama Pemerintah Aceh Tengah, selain melakukan pemotongan padi secara simbolis, dalam acara gerakan panen dan launching Padi Organik tersebut juga berkesempatan menerima langsung Sertifikasi dan hasil lulus uji dengan nama produksi “Beras Organik Kuyun Uken” dari Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Ir. Cut Huzaimah. MP. (REL)

Related posts