Kurang Sosialisasi Dinas Terkait, Masyarakat Butuh Penjelasan Terkait TPA

  • Whatsapp
Yusri Johan, Camat Celala. (foto-putra gayo)

Kabargayo.com, Takengon; Tempat Pembuagan Akhir (TPA) sampah di Aceh Tengah terus berpolemik di masyarakat. Satu kabar dinas terkait belum melakukan sosialiasi, tapi sudah menunju satu lokasi di Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah.

Seperti yang disampaikan oleh salah seorang warga di Kecamatan Celala, bagaimana mungkin masyarakat mau menerima lokasi “daerahnya” dilakukan tempat pembuangan sampah, kalau tidak disosialisasikan terlebih dahulu.

“Kami bukan menolak keras terkait dengan TPA yang dimaksud. Namun begitu jelaskan pada kami bagaimana proses sampah itu jika sampai dilapangan atau lokasi. Apakah sekedar dibuang begitu saja tanpa diolah atau bagaimana,” tanya warga yang namanya enggan di tulis, (29/4).

Wartawan Kabargayo.com yang langusung turun ke Kecamatan Celala melalukan penelusuran terkait hebohnya penolakan, hingga dikabarkan tujuh belas kepala desa ikut menolak.

Dari hasil testimoni beberapa warga mengatakan, sejauh ini pihaknya belum tahu betul bagaimana proses TPA itu nantinya. Hari ini menurut warga tadi yang terbayang dimasyarakat, “Sampah itu bau kalau dibuang didekat pemukiman, pasti bau,” hanya itu jelasnya sambil mengatakan lagi namanya jangan di tulis.

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Di Desa Uwer Tetemi diperkirakan sanggup menampung sampah sampai, Juni 2020. (foto-putra gayo)

Selanjutnya menurut Camat Celala, Yusri Johar, lokasi yang akan menjadi TPA adalah Desa Belang Kekumur, yang jauhnya 7 kilometer dari pemukiman warga. “Cukup jauh jaraknya dengan pemukiman warga sekitar 7 kilometer. Dan sejauh ini masyarakat bukan menolak tapi membutuhkan siosialiasi terkait TPA itu,” kata Yusri Johar.

Menurutnya tidak dalamnya sosialisasi, sehingga masyarakat daerah itu perpendapat lain terkait TPA. “Apakah didaur ulang, atau dijadikan pupuk. Masyarakat butuh keterangan yang lebih jelas sebenarnya,” jelas Yusri kepada beberapa Wartawan anggota PWI Aceh Tengah. (putra gayo-Kar)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.
  • Whatsapp

Related posts