Kunjungi Takengon, Bupati Batu Bara: Alamnya Sangat Mendukung Pariwisata

0

TAKENGON-Kota Takengon sudah tidak asing dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik dari semua kalangan, kali ini datang berkunjung ke kota berhawa sejuk adalah Bupati Batubara Sumatera Utara, OK. Arya Zulkarnain, SH, MM.

Bupati OK -begitu akrab disapa- tidak sendirian, tapi dia datang bersama dengan istri dan beberapa kepala SKPD. Terlihat bukan kunjungan biasa yang dilakukan Bupati OK dan “teman-temannya”, karena mereka datang tidak dengan kendaraan yang lazim digunakan pejabat, namun roda empat jenis Jeep, total berjumlah 14 mobil.

“Dari medan kami nginap semalam di Kutacane, dan melewati Blang Kejeren menuju Takengon,” ungkap Bupati OK ketika ditemui di satu hotel di Kota Takengon, Jum’at (11/03/16).

Bupati OK terlihat santai berpakaian corak adat Batubara.”Ini baru pertama sekali kemari dan Takengon kota terakhir yang saya kunjungi, dengan demikian lengkap sudah keliling Aceh,” imbuhnya.

Mendengar kedatangan tamu dari Batu Bara, Sekretaris Daerah Aceh Tengah, Karimansyah didampingi Asisten I, Mursyid dan Asisten II, Amir Hamzah tidak tinggal diam. Setelah melalui koordinasi sebelumnya, mereka bertemu dan singkat cerita mengajak para pejabat teras Batubara ngopi ke objek wisata puncak Pantan Terong.

Lokasi wisata Pantan Terong berada pada kisaran ketinggian 1600 MDPL, dari puncaknya terlihat jelas landscape Kota Takengon ditepi Danau Laut Tawar yang dikelilingi perbukitan dan sebagian wilayah Kabupaten Bener Meriah, sehingga lokasi ini wajib dikunjungi bila ke Takengon.

Menurut Sekda Karimansyah, walaupun kunjungan tak resmi, sebagai tuan rumah yang mengetahui ada kunjungan dari pimpinan daerah lain, sudah sepantasnya memberikan sambutan hangat.

“Tamu yang datang baru pertama ke Takengon, kita bawa ke Pantan Terong biar dapat memandang keindahan kota secara menyeluruh, dan mereka terlihat senang,” ujar Karimansyah beberapa saat tiba di Pantan Terong.

Sambil duduk dan ngopi santai di pesanggrahan, pembicaraan mengalir diselingi saling bertukar informasi antar kedua daerah, suasana berlangsung akrab walaupun para pejabat tersebut baru pertama sekali bertemu.

Bupati OK mengakui sudah kenal Aceh Tengah bahkan sejak SD, hingga saat ini setelah dimekarkan menjadi beberapa Kabupaten. Walau baru pertama menginjakkan kaki di daerah penghasil kopi arabica tersebut dia yakin Aceh Tengah bakal lebih maju ke depan .

“Alamnya sangat mendukung untuk pariwisata, dengan terbukanya jalan dan bandara Rembele, saya yakin Aceh Tengah dapat lebih maju di masa mendatang,” ujar OK.

Sebelum meninggalkan lokasi Pantan terong Kedua pimpinan daerah saling bertukar cinderamata berupa plakat dan sebagai tambahan Bupati OK turut menyerahkan kain bercorak khas daerahnya.

“Kami tunggu kunjungan pihak Aceh Tengah ke Batubara,” kata Bupati OK yang kemudian disambut dengan ucapan:” Baik pak, kami harap ini juga bukan kunjungan pertama dan terakhir bapak ke Takengon,”ujar Karimansyah yang disambut tawa rombongan.

Turun dari lokasi Pantan Terong, Bupati OK dan rombongan tidak langsung “balik kanan”, namun terlebih dulu menunaikan Shalat jum’at di Mesjid Agung Rumaha.

Setelah santap siang di satu warung makan kota Takengon, rombongan Batubara menuju Kabupaten Bener Meriah yang juga sudah dinanti oleh pejabat setempat untuk dibawa keliling Bandara Rembele usai diresmikan oleh Presiden Jokowi pekan lalu.(REL)

Komentar Anda
SHARE