KPUD Malang siap hadapi putusan sela sengketa Pilkada di MK

0

Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini dijadwalkan akan mengeluarkan putusan sela terkait sengketa Pilkada Kabupaten Malang. Putusan tersebut memungkinkan dilanjutkan persidangan dan masuk ke materi, atau putusan dismissal yang menghentikan persidangan.

Komissioner KPU Kabupaten Malang Bidang Hukum, Totok Haryono mengungkapkan kesiapan menghadapi dua kemungkinan keputusan itu. Pihaknya telah mempersiapkan antisipasi terkait materi tuntutan, jika memang MK memutuskan melanjutkan perkaranya.

“Jika perkara lanjut dan masuk ke pokok materi, kami siap. Kami siap apapun keputusan MK,” tegas Totok saat dihubungi melalui telepon, Senin (18/1).

Totok dan anggota KPUD Malang yang lain sedang berada di Jakarta untuk menghadiri prosesi sidang. Pihaknya berharap keputusan sela akan menghentikan perkara.

Jika MK memutuskan menghentikan perkara, maka KPU Kabupaten Malang cukup berkoordinasi dengan KPU Pusat untuk kelanjutan prosesnya. Jika memang demikian keputusan pemenang Pilkada bisa ditetapkan 12 Februari 2016.

Tetapi KPU menyiapkan antisipasi terburuk, yaitu kemungkinan MK memutuskan melanjutkan perkaranya. KPU Kabupaten Malang masih harus bekerja sesuai materi tuntutan, menyiapkan bukti dan saksi-saksi.

Secara materi, Totok mengaku sudah siap lantaran sudah mengantongi materi tuntutan. Sejak sidang pendahuluan, pihaknya sudah melakukan persiapan.

“Bukti dan saksi sudah siap, kita akan sesuaikan dengan materinya,” katanya.

Pilkada Kabupaten Malang diikuti tiga pasangan, yakni Rendra Kresna – HM Sanusi, Dewanti Rumpoko – Masrifah Hadi dan Nurcholis – M. Mufidz. Berdasarkan hasil perhitungan KPU, pasangan Rendra Kresna – HM Sanusi memperoleh suara lebih unggul dari yang lain.

Pasangan Dewanti Rumpoko dan Masrifah Hadi menggugat hasil Pilkada Kabupaten Malang, 9 Desember 2015. Sebagian materi gugatan di antaranya tentang independensi penyelenggara Pemilu, yakni KPU dan Panwas. Pasangan dengan jargon Malang Anyar itu juga mempersoalkan penggunaan APBD untuk kepentingan kemenangan pasangan, Rendra Kresna – HM Sanusi. (Merdeka.com]

Komentar Anda
SHARE