KPU Nyatakan PBB dan PKPI  Tidak Memenuhi Syarat

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai peserta Pemilu 2019. Kedua partai politik ini gagal memenuhi persyaratan sebagaimana ditentukan dalam Peraturan KPU 11/2017.

Dalam rapat pleno yang diselenggarakan di Jakarta, Sabtu (17/2/2018), KPU menyatakan status kepengurusan PBB di tingkat pusat, domisili kantor tetap, dan keterwakilan perempuan 34,37% dinyatakan memenuhi syarat. Kemudian, status kepengurusan tingkat provinsi dan di tingkat kabupaten/kota juga dinyatakan memenuhi syarat.

“Namun untuk kepengurusan dan keanggotaan sekurang-kurangnya 75% jumlah kabupaten/kota di masing-masing 34 provinsi tidak memenuhi syarat,” ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Atas dasar itu, KPU menyimpulkan partai yang dipimpin Yusril Ihza Mahendra ini tak penuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2019. Seperti yang dikutip sindonews.

Sementara untuk PKPI, berdasarkan rekapitulasi nasional hasil verifikasi dinyatakan, status kepengurusan PKPI tingkat pusat, domisili kantor tetap dan keterwakilan perempuan 41,37% dinyatakan memenuhi syarat.Kemudian, status kepengurusan tingkat provinsi dan di tingkat kabupaten/kota dinyatakan memenuhi syarat.

“Namun untuk kepengurusan dan keanggotaan disekurang-kurangnya 75% jumlah Kabupaten kota di masing-masing 34 provinsi tidak memenuhi syarat,” kata Komisioner KPU Hasyim Asyari.

Seperti PBB, kesimpulan status PKPI yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dan data status kepengurusan PBB juga sudah tercantum dalam lampiran berita acara rekapitulasi nasional hasil penelitian administrasi dan verifikasi kepengurusan calon peserta Pemilu 2019.(NET)

SHARE