Kopi Gayo Bisa Saja Tinggal Nama Jika Tidak Segera Diselamatkan

0
aktual.com

REDELONG:Ditengah kian makin dikenalnya kopi Gayo, kenyataan hingga saat ini, perdagangan Kopi di Bener Meriah, masih dikuasai  dan ditentukan oleh pihak luar, diperlukan perhatian pihak terkait terutama Pemerintah Daerah.

Tokoh pemuda Bener Meriah, yang juga ketua Yayasan Redelong Institute mengatakan perlu dilakukan penyelamatan dengan membuat regulasi yang jelas yang di tuangkan ke dalam Qanun daerah.

“ Harus ada Qanun Daerah Yang mengatur jelas tentang kopi baik itu pemasaran, pengelohan agar menjadi jelas selanjutnya harus ada UPTD di Bener Meriah, Jika diperlukan, buat sebuah badan agar menjadi lebih bagus dan kita harus punya standar kopi Gayo” Tegas Fakrudin,  Jumat (2/6/2017).

Ia mengatakan untuk hal tersebut dibutuhkan kerja keras Pemerintah Daerah baik pihak eskutif maupun legeslatif” Jika hal tersebut tercapai peluang pasar kopi Gayo akan kian lebih menjanjikan”ujarnya.

Fakrudin,  menjelaskan, Qanun yang dibuat itu nantinya sebagai contoh salah satunya mengatur kopi apapun yang dikeluarkan dari Bener Meriah harus mendapat persetujuan dari Pemerintah Daerah.

” Dengan demikian, kita dapat membuat sistem dan menentukan  standar operasional kita sendiri, selama ini pemerintah tidak bisa melakukan penekanan seperti halnya pengawasan terhadap petani karena peran pihak luar tadi. Begitu  juga  saat ini bagaimana kita bisa kita menekan pihak bank untuk support pinjaman jika tidak ada Qanun yang berbicara tentang itu”jelasnya.

Menurut Fakhrudin, saat ini tidak ada kekuatan Pemerintah  Daerah terkait kopi Gayo yang merupakan perkebunan rakyat, sewaktu-waktu, lahan perkebunan kopi Gayo dapat “direbut” pihak asing yang memiliki uang “Bayangkan saja jika perkebunan masyarakat di Bener Meriah  dibeli oleh pengusaha dari luar dan merubah nama kopi Gayo sesuai dengan keinginannya” katanya.

“Berbagai kemungkinan dapat saja terjadi. Kopi Gayo bisa saja tinggal nama jika tidak segera diselamatkan”terang Fakhrudin. Seraya menambahkan pihaknya bersama elemen masyarakat lainnya  saat ini tengah membuat membuat rancangan dan mengusulkan pembuatan Qanun Kopi Gayo. Ia optimis rancangan qanun tersebut dapat diselesaikan sesegera mungkin jika Pemerintah Daerah serius dan berkomitmen untuk menyelamatkan kopi Gayo. (Uri)

.

Komentar Anda
SHARE