Koordinasi, Penegak Hukum Coffee Morning Bersama Dandim

 

TAKENGON – Dandim 0106 Aceh Tengah-Bener Meriah coffee morning bersama jajaran aparat penegak hukum Kabupaten Aceh Tengah. Coffee Morning dalam rangka koordinasi antar penegak hukum yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Ateng yang bertempat di kantor Kejaksaan Jln. Leube Kader Kp. Blang Kolak Satu Kec. Bebesen.

Kajari Aceh Tengah, SH. MH dalam acara tersebut mengatakan kegiatan ini sengaja digagas agar kedepan lebih dapat berkoordinasi kearah yang lebih positif terkait masalah penegakan hukum di Aceh Tengah. Ia mengatakan Satuan Kodim 0106 dalam hal penegakan hukum memang tidak terjun langsung namun dalam hal ini Kodim dapat membantu untuk memback-up penegakan hukum. “Dengan diselenggarakan acara seperti ini diharapkan kita dapat saling berkomunikasi dan berkoordinasi serta sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama instansi”ujarnya.

Ketua Pengadilan Negeri Aceh Tengah,  Hj. Tuti Angraini, SH menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Kajari yang telah menggagas acara ini sehingga kita dapat bersilaturahmi dan sharing antar aparat penegak hukum, “Pengadilan Negeri adalah muara terakhir terkait penyelesaian semua perkara yang terjadi”Tuti Angraini.

Kapolres Ateng AKBP Eko Wahyudi, S.Ik menyampaikan kegiatan ini sebagai sarana untuk lebih mempereratkan antar sesama penegak hukum di Aceh Tengah. Aparat penegak hukum untuk kedepannya diharapkan dapat semakin solid dengan di backup dari satuan Kodim 0106/Ateng.

Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P menyampaikan di Satuan Kodim yang berperan menangani dalam kaitannya dengan penegakan hukum adalah Seksi Intelijen didalam pelaksanaannya ada yang kurang pas atau tidak sesuai, mohon agar kami diingatkan supaya tidak terjadi salah paham antar sesama penegak hukum.

Sementara itu, Kasatpol PP Aceh Tengah,  Syahrial menyampaikan, Satpol PP atas nama Pemda berharap kedepan kiranya kegiatan seperti ini selalu berkesinambungan dan tidak hanya sampai disini saja, dalam penegakan hukum kami banyak mendapat kendala yang dihadapi oleh karena itu kami sangat mengharapkan dukunganya dari para pihak penegak hukum lainnya, untuk pelaksanaannya ada pelanggaran Perda yang sifatnya segera diselesaikan “Berkaitan dengan hal tersebut kami mohon arahan serta bantuannya agar dalam penyelesaiannya tidak mengabaikan wibawa hukum itu sendiri. Ucapan terimakasih kepada para pihak yang selama ini telah memberikan pendampingan serta membantu membackup terhadap Satpol PP yang sudah berjalan dengan baik”ujar Syahrial.

Wakil Ketua Mahkamah Syariah Aceh,  Drs. H. Munir, SH.M.Ag dalam pertemuan itu mengatakan,  Selama ini Mahkamah Syariah hanya boleh menangani perkara perdata seperti Maisir atau judi, Khalwat dan minuman keras “Tetapi dengan keluarnya Qanun No 6 tahun 2014 maka Mahkamah Syariah sudah boleh menangani perkara pidana lainnya. Kedepannya kami mohon bimbingan dari para pihak penegak hukum seperti Kapolres dan Kajari agar perkara yang kami tangani ini lebih berhasil” demikian Munir.

Kegiatan ini dihadiri oleh  antara lain Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P, Kapolres Ateng AKBP Eko Wahyudi, S.Ik, Kajari Kab. Ateng Jazuli, SH.MH, Kepala Rutan Kelas II B Kab. Ateng Drs. Said Syahrul, SH, Ketua Pengadilan Negeri  Takengon Hj. Tuti Angraini, SH, Ketua Mahkamah Syariah Kab. Ateng Drs. A. Karim, Kasatpol PP Kab. Ateng Syahrial, Wakil Ketua Mahkamah Syariah Kab. Ateng Drs. H. Munir, SH.M.Ag, Pjs. Pasi Intel Dim 0106/Ateng Lettu Inf Arianto,  Kasat Lantas Polres Ateng AKP Radika, Sabtu ( 11/03/2017 ). (REL)

 

Komentar Anda
SHARE