Kontes Kopi Indonesia di Takengon, Mencari Kopi Terbaik

0

img-20160906-wa016-1TAKENGON-Ketua Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Aceh, Ir. Armia Zuhri mengatakan lomba Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) yang akan dihelat di Takengon 21-23 Oktober 2016 mendatang merupakan ajang untuk memilih kopi-kopi terbaik di Indonesia.

“Kopi-kopi tersebut akan dinilai dari aspek karakteristik citarasanya,” ungkap Armia, Selasa (6/9) di Takengon.

Ditambahkannya, melalui lomba KKSI ini diharapkan dapat mendongkrak kopi-kopi Indonesia yang dihasilkan oleh berbagai daerah ke posisi dan nilai tawar lebih baik.

Armia menjelaskan, sebelum dikonteskan, panitia lomba KKSI menerima sampel kopi biji yang dikirim oleh produsen dan pelaku usaha kopi dari berbagai daerah atau sentra produksi kopi di Indonesia untuk diikutsertakan dalam lomba KKSI.

“Jadi seleksi awal sudah dilakukan, nanti yang diikutkan kontes hanya 15 kopi dengan dengan nilai score cupping terbaik kategori Robusta dan Arabica,” kata Armia.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menyatakan kesiapan daerahnya untuk menggelar even kontes kopi nasional tersebut.

“Prinsipnya sangat mendukung dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat dan daerah Aceh Tengah yang memang merupakan penghasil kopi arabika terbesar di Indonesia,” ungkap Nasaruddin dalam siaran pers, selasa (6/9).

Nasaruddin menegaskan pihaknya akan mempersiapkan pelaksanaan kontes kopi tersebut dengan sebaik-baiknya untuk kesuksesan even tahunan itu.(REL)

Komentar Anda
SHARE