KOMPAK Workshop Finalisasi Draf Perbup Layanan Berjenjang Adminduk di Bener Meriah

REDELONG: Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) bermitra dengan Redelong Institute Bener Meriah sebagai mitra The Asia Foundation (TAF) dalam Program KOMPAK bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melaksanakan Workshop Finalisasi Draf Perbub Layanan Berjenjang Administrasi (Adminduk) Kependudukan di Cafe Koma Tiga Rabu (14/2/2018).

Kegiatan tersebut melibatkan instansi lintas sektor yakni Bappeda Disdukcapil, Mahkamah Syar’iyah, Kemenag, Disdik, DPMK, Dinkes, Dinsos, Bagian Hukum Setdakab, IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Bener Meriah, RSU Muyang Kute, Forum Reje, Reje Gampong Dampingan, Petugas Registrasi Kampung Dampingan, Kompak District Bener Meriah, PKPM, GERAK, dan PPMN.

Program Menager PKPM, M Ridha mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan masukan dari lintas sektor untuk Finalisasi Draf Perbup Layanan Berjenjang Adminduk.

“Selain itu Draf Perbup tentang Layanan Berjenjang Adminduk dapat difinalisasi dan disetujui bersama oleh lintas sektor serta dapat menentukan langkah advokasi kebijakan kepada Pemerintah Daerah untuk pengesahan Perbup tentang Layanan Berjenjang Adminduk”ujarnya. Ia berharap, Maret Perbub itu sudah disahkan dan desa-desa di Kabupaten Bener Meriah.

Fakhrudin, Ketua LSM Redelong Institute yang merupakan Mitra PKPM mengatakan pentingnya komitmen lintas sektor. Ia mengharapkan, komitmen pemda melalui dana desa, sehingga tahun ini semua desa punya anggaran dalam kaitan kepengurusan administrasi data kependudukan.

Fakhrudin menambahkan, hal tersebut berkaitan dengan angka kemiskinan dan isu-isu pelayanan dasar di desa. “ Kita berharap dengan adanya Perbub ini dan dengan dialokasikan dana desa untuk hal tersebut maka akan dapat menjangkau pihak-pihak yang tidak terjangkau dan punya akses terbatas “ jelasnya. (Uri)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!