Kompak Gelar Pelatihan Penerapan dan Pemanfaatan SID

Redelong : Dalam rangka  meningkatkat pelaynan di tingkat Pemerintahan Kampung, Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan ( Kompak )  berkerjasama dengan Pemerintah daearah Kabupaten Bener Meriah terus memberikan pendampingan dan pembekalan sisitem informasi desa.

Sejauh ini di Kabupaten Bener Meriah ada 6 Kampung di Kecamatan Bandar menjadi Pilot Project yang didampingi Kompak, untuk menginfelementasikan sistem pelayanan desa, seperti pelayanan admistrasi kependudukan, pembuatan AKTA Kelahiran dan tata kelola keuangan Kampung. Hal tersebut disamapaikan Rando Nadeak ( ICT Business Analyst )  salah satu perwakilan Kompak, Selasa ( 5/12/2017 ) di Cafe Koma Tiga Belatu Simpang Tiga Kecamatan Bukit.

Rando mengatakan, untuk mendukung impelementasi pelayanan sistem informasi desa seperti yyang diharapkan, tentunya semua stekholder yang terkait harus berpartisipasi untuk mendukung semua itu. Untuk itu Kompak melaksanakan pelatihan penerapan dan pemamfaatan sistem informasi desa selama 4 hari yang dimulai sejak Senin tanggal 4 sampai dengan Jum’at 7 Desember 2017. Katanya.

Untuk rangkaian acara yang digelar Kata Rando, hari Senin acara  digelar untuk FGD, sementara hari  Selasa sampai Kamis untuk  acara pelatihan, dan hari jum’at konsolidasi hasil FGD maupun pelatihan.  Ujarnya.

Peserta pelatihan terdiri dari, perwakilan Bappeda, Insfektorat, Kominfo, Tapem, BPS, Kesehatan, Camat, dan oprator SID( Sistem informasi desa ) . setelah pelatihan ini para peserta diharpkan menerapkan dipemerintah desanya ( Kampung ) terutama untuk layanan admisterasi kependudukan, tata kelola keuangan. Sebut Rando.

Lanjutnya, untuk tata kelola keuangan yang dimaksut mulai perencanaan pembangunan di Kampung, yaitu membuat RPJM, RKP tiap tahun lalu APBdes. Selain itu juga mereka akan menerapkan pemetaan data kemiskinan dimana disitu telah disiapkan formulirnya untuk menyiapkan data-data kemiskinan untuk di integerasikan dengan basis data terpadu.

Rando juga mengatakan, peserta pelatihan ini juga akan menjadi Reflikator di kampung lain dimana untuk saat ini baru ada 6 pilot projct sementara Kabupaten Bener Meriah terdiri dari   232 kampung, sementara untuk level Kabupaten mereka akan menyiapkan infarstruktur  silver koneksi internet guna mengimpelemntasi secar online diseluruh kampung, juga menyiapkan regulasi paling tidak Peraturan Bupati ( Perbub ) dalam waktu dekat ini agar infelementasi sistem informasi desa  punya payung hukum. Papar Rando Nadeak.

Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah, Kata Rando, sejauh ini sanggat mendukung dan merespon kegiatan ini. Kita berharap untuk tahun 2018 semua pelayan dasar baik pelayan administrasi penduduk maupun tata kelola keuangan Kampung semakin mudah diakses masayarakat. Tutupnnya ( Gona )