Kominfo Sosialisasi Pemberdayaan Kelompok Informasi Gampong di Bener Meriah

REDELONG: Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian  Aceh bekerjasama dengan Dinas Kominfo Bener Meriah, gelar sosialisasi Pemberdayaan Kelompok Informasi Gampong (KIG), acara ini digelar di Aula Kantor Bupati Bener Meriah. Kamis, (10/8/2017).
Kegiatan ini di buka oleh Asisten
Ekonomi Pembangunan Bener Meriah, Abdul Muis dan dihadiri oleh Kadis Kominfo Bener Meriah, Irmansyah, S.STP Kabag Humas Bener Meriah, Sukur, SPd. MPd dan Kabid Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo dan Persandian Aceh, Drs A. Azis serta dihadiri oleh peserta Reje Kampung  dan tokoh masyarakat di Bener Meriah.

Kadis Kominfo Bener Meriah, Irmansyah, S. STP dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan selain pelaksanaan  UU 14  tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi publik juga meningkatkan peran masyarakat  terutama masyarakat kampung (Gampong) dalam arus informasi.

Sementara itu Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Abdul Muis, SE. MT ketika membacakan sambutan Wakil Bupati Bener Meriah mengatakan pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi tersebut dan diharapkan dengan acara tersebut nantinya peserta peserta akan mendapatkan gambaran tentang informasi Gampong.

Sebagaimana diketahui sasaran dengan adanya KIG adalah pengelolaan informasi dan komunikasi agar dapat di akses untuk meningkatkan pengembangan dan pemberdayaan kelompok informasi masyarakat sebagai wahana pembinaan sumber daya manusia untuk menuju masyarakat informasi.

KIG, juga dibentuk untuk meningkatkan koordinasi, integritas dan sinkronisasi penngembangan dan pemberdayaan kelompok informasi masyarakat secara terpadu dengan instansi, baik pemerintah maupun swasta lainnya yang nantinya akan sebagai penggerak partisifasi aktif masyarakat dalam hal penyampaian informasi dan penyalur aspirasi rakyat.

Sosialisasi Pemberdayaan Kelompok Informasi Kampung pada dasarnya mendorong perangkat desa untuk bisa membentuk KIG disetiap desa, salah satu implementasinya di kampung adalah agar masyarakat dapat membuat laporan-laporan mengenai desa.

Sosialisasi tersebut berlangsung selama satu hari penuh, para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut.(Arsadi Laksamana)

Komentar Anda
SHARE