Kodim 0106  Sosialisasikan Netralitas TNI 

0

TAKENGON – TNI dituntut untuk tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis. Bersikap netral dalam kehidupan politik, diartikan berdiri sama jarak dan tidak memihak serta tidak terpengaruh oleh tarikan partai politik untuk ikut memperjuangkan kepentingan politik. Hal tersebut disampaikan oleh Kasdim 0106/Ateng-BM Mayor Inf Ade Munandar S.I.Pem dan Pjs. Pasi Teritorial Kapten Inf Bambang Suhartono yang mewakili Komandan Kodim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro S.I.P dalam acara sosialisasi Netralitas TNI pada Pilkada Kab. Aceh Tengah dan Bener Meriah Tahun 2017, di Aula Makodim Jln. Lut Tawar Ds. Bale Atu Kec. Lut Tawar Kab. Aceh Tengah, Selasa (14/02/2017).

Sosialisasi tersebut dengan mengusung tema “Melalui Pembinaan Netralitas TNI Dalam Pemilu/Pilkada, Kita Wujudkan Profesionalisme TNI dan Sukses Penyelengaraan Pemilu/Pilkada yang Luber dan Jurdil Dalam Rangka Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

Dalam Sosialisasi tersebut  Kasdim 0106/Ateng-BM menyampaikan, Pentingnya peran Kodim dalam rangka menjamin pelaksanaan Pilkada tahun 2017, agar dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar diantaranya menjunjung tinggi netralitas TNI, mendorong anggota keluarga untuk berpartisipasi dalam Pemilu/Pilkada dan membantu kelancaran KPU serta Polri dalam pelaksanaan tugasnya.

Komitmen netralitas prajurit telah diatur dalam berbagai peraturan yang jelas dan tegas, dengan mencantumkan pedoman berisi larangan-larangan yang harus dipatuhi. Lebih lanjut kepada para Danramil agar proaktif memberikan arahan secara detail dan menanyakan langsung kepada prajurit, disertai gambaran atau contoh-contoh yang sederhana, yang sering dijumpai di lingkungannya, Tandas Mayor Inf Ade Munandar S.I.Pem.

Masih terkait netralitas prajurit, Pjs. Pasi Teritorial menyampaikan, bahwa ST Kasad Nomor 500/2014 tanggal 24 Februari 2014 tentang ketentuan pelaksanaan Pemilu Legislatif/Pilkada bagi seluruh anggota TNI dan PNS. Ketentuan tersebut mengatur secara rinci tata cara pelaksanaan Pilcaleg/Pilkada.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi netralitas TNI dalam rangka Pilkada ini antara lain Kasdim 0106/Ateng-BM Mayor Inf Ade Munandar S.I.Pem yang mewakili Komandan Kodim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro S.I.P,  Pjs. Pasi Teritorial Kapten Inf Bambang Suhartono, Pjs. Pasi intel Lettu Inf Arianto, Pasi Logistik Kapten Inf Siddik, Personel Kodim 0106/Ateng-BM, Perwira Staf dan Danramil beserta anggotanya serta PPM Aceh tengah.(REL)

Komentar Anda
SHARE