KIP Gelar Pagelaran Seni Budaya Menyongsong Satu Tahun Pemilu Serentak

REDELONG : Wakil Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menghadiri pagelaran seni budaya dalam rangka menyongsong 1 (satu) tahun Pemilu serentak Tahun 2019, Sabtu (21-4-2018) di Gedung Olah raga dan Seni Pemkab setempat.

Dalam pagelaran Seni budaya tersebut, beberapa kesenian di tampilkan seperti ; Seni Tambo oleh Ikatan Masyarakat Minangkabo perantauan, Saman Gayo dari Gayo Lues, Reok Ponorogo, Sebuku, dan Puisi oleh Seniman Nasional Fikar.

Dalam kesempatan itu Tgk. H. Sarkawi menyampaikan, dalam pemilu telah ditetapkan asas secara langsung, bebas, umum, rahasia, jujur, dan adil. Hal tersebut telah ditetapkan dalam Undang-undang. Kata Abuya Sarkawi.

Untuk itu lanjut Tgk Sarkawi, komitmen ini harus dijaga oleh semua pihak, baik itu seluruh lapisan masyarakat dan terutama oleh penyelengara sendiri. Tegas Wakil Bupati Bener Meriah itu.

Abuya Sarkawi menambahkan, Pemilu yang akan berlangsung nanti adalah agenda paling penting dan paling strategis nasional, oleh karenanya semuanya harus menyelamatkan agenda yang amat penting ini sampai kedaerah, mensosialisasikan tahapan-tahapan pemilu, termasuk mengawal pelaksanaannya, agar tidak ada problem-problem yang tidak penting dan tidak perlu kedepannya. Pintanya.

” Karena, agenda tersebut bukanlah agenda Bener Meriah, bukan agendanya Aceh, namun, agenda penting Nasional, agenda strategis Nasional, oleh karenannya harus dikawal dengan sebaik-baiknya, baik itu oleh penyelenggara, oleh semua aparatur, dan oleh semua lapisan masyarakat “.

Abuya berharap, Jangan sampai ada timbul sengketa-sengketa yang tidak perlu, perselisihan-perselisihan yang tidak perlu. Antara partai harus adu gagasan, adu konsep meyakinkan masyarakat, bukan malah sebaliknya menimbulkan gesekan ditengah masyarakat, ini harus kita jaga dengan baik. Tutur Tgk Sarkawi.

Ketua KIP Bener Meriah Muhtarudin sebelumnya dalam laporannya menyampaikan, KIP Bener Meriah sedang melakukan tahapan pemutahiran pemilih yang dimulai sejak Tanggal 17 April 2018. Dilakukan secara serentak dan nasional.

“Jumlah petugas pemutahiran data pemilih Bener Meriah berjumlah 462 orang, terbagi 10 kecamatan, 233 kampung se Kabupaten Bener Meriah. Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) untuk Kabupaten Bener Meriah yang kami terima dari Kemendagri melalui KPU RI berjumlah 102.845 orang, terdiri dari pemilih laki-laki berjumlah 51.331orang, dan pemilih perempuan berjumlah 51.514 orang.”rinci Ketua KIP Bener Meriah itu.

Lebih jauh disampaikan Ketua KIP Bener Meriah itu, dari jumlah tersebut, tercatat 34.282 KK. Data tersebut menjadi tugas KIP Kabupaten Bener Meriah untuk dimutahirkan, atau dibersihkan dari data-data penduduk yang tidak memenuhi sarat seperti telah meninggal dunia, pindah domisili dan beralih status dari sipil menjadi anggota TNI dan Polri dan juga menjadi kewajiban KIP Bener Meriah menambahkan pemilih pemula yang telah mencapai usia 17 tahun pada saat Tanggal 17 April 2019 nanti.(Gona )

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!