Khalisuddin : Penyelamatan Lut Tawar Dimulai dengan Hal Kecil

0

Khalisuddin, Sekjen FPDLT

TAKENGON-Sekjen Forum Penyelamatan Danau Lut Tawar (FPDLT) , Khalisuddin mengatakan apa yang akan dilakukannya setelah mendapatkan kepercayaan setelah terpilih menjadi Sekjen FPDLT  adalah berkonsentrasi   terhadap penyelamatan danau kebanggaan masyarakat Gayo itu.

“Kita akan mulai dengan hal-hal kecil dulu, kemudian memikirkan Qanun ataupun aturan hukum yang selama ini kita nilai masih lemah dan tidak berpihak kepada Danau,” tegas Khalis.

Aktivis yang selama ini getol melakukan aksi di danau Lut Tawar menambahkan, bahwa permasalahan Lut Tawar saat ini semakin kompleks. Mulai dari kerusakan lingkungannya, serta pencaplokan secara sepihak area danau oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Memang ini pekerjaan yang sulit untuk mengubahnya, lantaran kawasan danau saat ini banyak dikuasai oleh pejabat, untuk itu kita harus punya langkah strategis dan langsung menyentuh kepada kelangsungan ekosistemnya, tentunya dengan aturan-aturan yang seharusnya memihak kepada kelestarian bukan kepada kerusakan. Ini harus menjadi isu internasional, karena ada hukum di dunia Internasional yang mendukung mengatur permasalahan kepunahan satwa endemik dan lingkungan danau,” tandas Khalisuddin.

Dipenghujung tahun 2016, gerakan kepedulian terhadap ekosistem Danau Lut Tawar memasuki era baru. Ditandai dengan workshop Rancangan Qanun (Raqan) Danau Lut Tawar yang nantinya diharap mampu meminimalisir kerusakan lingkungan di danau kebanggaan masyarakat Gayo berpenghuni ikan endemik Depik (Rasbora tawarensis).

Sebelumnya FPDLT bekerjasama dengan Word Wide Fund for Nature (WWF)  menggelar Workshop yang diikuti puluhan peserta yang terdiri dari aktivis lingkungan, pemerhati lingkungan dan akademisi ini berlangsung di Opsroom Setdakab Aceh Tengah, Sabtu 3 Desember 2016, dengan menghadirkan narasumber praktisi hukum dan akademisi dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Dr. Yanis Rinaldi, SH, M.Hum.

Selain workshop dalam kesempatan itu, juga dilakukan pemilihan Sekjen FPDLT karena periode kepengurusan sebelumnya telah berakhir. Hasil musyawarah tim formatur dari 4 calon yang diusulkan memimpin FPDLT,  Khalisuddin terpilih sebagai Sekjen. (Rel)

Komentar Anda
SHARE