Ketua PKK Bener Meriah Buka Acara Diseminasi Posyandu Terintegrasi

REDELONG : Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( PKK) Kabupaten Bener Meriah Ny. Nikmah Sarkawi membuka diseminasi posyandu terintegerasi, yang diselengarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong ( DPMG) Aceh bekerjasama dengan DPMK Bener Meriah. Rabu ( 13/3/2019 )di gedung Empu Beru Bener Meriah.

Dalam sambutanya, Hj. Nikmah Sarkawi menyampaikan, selamat datang dan terimakasih atas kehadiran ibu-ibu tim pengerak PKK kampung dan ketua posyandu kampung terpilih dari kecamatan kecamatan di Kabupaten Bener Meriah pada acara diseminasi posyandu terintegritas ini.

Kehadiran ibu-ibu dan pendamping desa sebagai sebagai perwakilan dari kampung dari masing-masing kampung tentu tidak terlepas dari tugas dan tanggung jawab dari tim pengurus pengerak PKK Kampung dan pengelola posyandu serta pendamping desa untuk mengembangkan dan mewujudkan posyandu di kampung menjadi posyadu terintegrasian sebagai mana yang diamanatkan oleh Peraturan Menteri dalam negeri nomor 19 tahun 2011 dan peraturan Gubernur Aceh nomor 60 tahun 2012 tentang pengintegrasian layanan sosial dasar di pos pelayanan terpadu.

Lanjut Ny. Nikmah, sejauh ini kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa, ada beberapa permasalahan dalam perjalanan posyandu di Aceh, antara lain keberadaan dan ketersediaan bidan, selain itu tingkat partisipasi masyarakat yang masih sangat rendah dan tak kalah pentingnya dukungan instansi terkait yang sama sekali belum memadai. Sebut Ketua PKK Bener Meriah itu.

” Pokjanal di semua tingkat, ada yang tidak aktif bahwan ada yang belum terbentuk. Termasuk yang paling mendesak adalah masih terdapat posyandu yang belum mengintegrasikan beberapa layanan sosial dasar di posyandunya meskipun kedua regulasi yang disebutkan diatas telah lama diterbitkan “, ungkap Ny. Nikmah Sarkawi.

Dia menambahkan, sebagai mana yang kita ketahui Pokjanal BKB ( Bina Keluarga Balita) posyandu Paud Aceh adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan atau pengelola posyandu yang berkedudukan di Aceh. Pokjanal posyandu Aceh ini dibentuk untuk meningkatkan koordinasi, pembinaan, fasilitasi, advokasi dan bantuan yang berkaitan dengan fungsi dan kinerja posyandu Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Nikmah berharap, semoga dengan kegiatan hari ini posyandu disetiap kampung di Bener Meriah terintegritas dengan baik. Untuk itu bagi peserta selalu fokus mengikuti selama dilaksanakannya kegitan ini. Pintanya

Menurut Ny. Nikmah, dalam memberikan perubahan terhadap masyarakat kita harus ikhlas. Karena kebahagiaan yang hakiki adalah selalu ikhlas berbuat untuk semua orang. Pungkas Ibu Plt Bupati Bener Meriah itu.

Sebelumnya dalam laporanya Cut Nurul Fitria menyampaikan, kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari yang diikuti 200 pesrta dari 100 Kampung di Kabupaten Bener Meriah.

” Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama dua hari hari ini dan besok, namun karena semua peserta 9 kecamatan dari 10 kecamatan yang diundah telah hadur secara bersamaan hari ini maka kegiatan ini akan selesai pada hari ini “, Papar Cut Nurul.

Lanjutnya, adapun peserta yang hadir hari ini sebanyak 182 peserta dari 100 kampung yang diundang terdiri dari pengurus PKK Gampung, pendamping Desa . Sebutnya. ( Gona)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!