Kemendagri Menunjuk Tgk. Sarkawi Sebagai Plt. Bupati Bener Meriah

REDELONG: Setelah penetapan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah sebagai tersangka oleh KPK pasca terjaring OTT, Mentri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo resmi menunjuk Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sebagai Plt Gubernur Aceh dan Wakil Bupati Bupati Bener Meriah Tgk. Sarkawi sebagai Plt Bupati Bener Meriah.

“Ya kami sedih, kami prihatin. Terpaksa waktu semalam diumumkan KPK sebagai tersangka dua-duanya, hari ini saya sudah teken wakil gubernur sebagai penjabat gubernur, wakil bupati sebagai menjabat bupati sampai berkekuatan hukum tetap karena kedua beliau ini tidak bisa menjalankan fungsi pemerintahan yang sedang dalam proses KPK,” ujar Tjahjo di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (5/7/2018), seperti yang dilansir Detik.com.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Bener Meriah Ismarissiska mengaku telah mendapat informasi penunjukan tersebut, namun hingga Kamis siang 5 Juli 2018, pihaknya belum menerima salinan resmi dari Kemendagri.

Ini artinya kata Ismarissiska, Wakil Bupati Tgk. Sarkawi belum melaksanakan beberapa tugas yang menjadi kewenangan Bupati seperti bidang keuangan dan Qanun.

“Ada kewenangan yang tidak bisa dilaksanakan oleh Wakil, harus melalui Plt jika Bupati berhalangan, tapi kalau belum ada salinan resmi, berarti belum bisa dilaksanakan,” katanya, seperti yang dilansir oleh rri.co.id.

Ismarissiska juga menjelaskan Wakil Bupati Bener Meriah Tgk. Sarkawi dijadwalkan akan bertolak ke Jakarta menuju Kemendagri.

“Mungkin soal penunjukan Plt juga, karena pak Wakil Bupati berangkatnya dengan pak Wakil Gubernur Aceh,” kata Ismarissiska. (Wein Pengembara)