Kelompok GG Tani Bale Purnama Kecamatan Permata Terima Bantuan Becak Barang

REDELONG : Direktorat pengelolaan dan pemasaran hasil hortikultura, berikan bantuan 1 unit becak barang merek Viar 200L kepada Pemerintah Kabupaten Bener Meriah untuk diserahkan kepada kelompok tani GG Tani Kampung Bale Purnama Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah.

Kelompok tani GG Tani, sejauh ini diketahui paling banyak menghasilkan tanaman cabe dan bawang. Sehingga dengan adanya bantuan becak barang ini dapat mereka gunakan ( kelompok ) untuk mengangkut barang panen tersebut. Kata Amri, Kapala Bidang ( Kabid ) tanaman panggan dan hortikultura Dinas Pertanian Bener Meriah. Kamis ( 16/5/2019 ) saat dikonfirmasi media ini di lapangan kantor dinas tersebut.

Amri menyebutkan, bantuan becak barang dari Direktorat Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Hortikultura , hanya 1 unit untuk yang diterima Bener Meriah.

Dia menambahkan, untuk tahun ini kita tidak ada mengajukan proposal dan memang targetnya dari direktorat tersebut untuk Bener Meriah hanya 1 unit saja.

” Melihat produktivitas kelompok GG Tani yang mengembangkan tanaman cabe dan bawang, kita memilih kelompok tersebut yang akan menerima bantuan ini “, sebut Kabid itu.

Amri berharap, dengan adanya bantuan becak barang tersebut dapat memudahkan transportasi hasil kelompok tani GG Tani.

” Becak barang menjadi transportasi angkutan hasil panen kelompok itu, sehingga anggota kelompok tidak meresa kesulitan lagi mengangkut hasil panen mereka “paparnya.

Sementara itu Pelaksana tugas ( Plt ) Kepala Dinas Pertanian Bener Meriah Abdul Muis, mengharapkan, setelah kelompok menerima bantuan becak ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan merawat barang tersebut.

” Semua anggota kelompok GG Tani itu, harus menjaga dan merawat becak barang ini”, pinta Abdul Muis yang juga merupakan Asesten II Pemda Bener Meriah.

Abdul Muis menambahkan, nantinya pihaknya akan evaluasi lagi apakah nanti bantuan itu berjalan dengan baik dan maka kedepan kita akan mengusulkan lebih banyak lagi untuk kelompok-kelompok lainnya.

Sedangkan menurut Kepala Badan Penyuluhan ( BP ) Kecamatan Permata Hamdan mengatakan, daerah Permata masih banyak jalan-jalan areal pertanian kelompok yang tidak dapat dilalui kendaraan roda 4 karena akses jalan yang memadai.

Tambahnya, dengan adanya becak ini hasil panen yang tidak dapat diangkut kendaraan roda 4 dapat diangkut mengunakan becak ini khususnya hasil panen kelompok GG Tani.

Sementara menurut salah satu kariaan perusahan Becak Barang jenis Viar 200L, menyebutkan Becak itu berkapasitas 200 CC, yang dapat mengangkut bawaan mencapai 1 ton.

” Kalau dijalan yang rata, becak ini dapat membawa 1 ton, namun kalau untuk akses jalan yang mendaki atau rusak maksimal bisa membawa 700-800 kg sekali angkut “, terang Kepala BP Permata itu. ( Gona )

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!