Kejurda Pacuan Kuda Se-Aceh, Gayo Lues Raih Medali Terbanyak 

TAKENGON: Sejumlah 36 kuda pacu dari tujuh kabupaten di Aceh bertanding memperebutkan posisi teratas, di final Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pacuan Kuda se-provinsi Aceh, yang di gelar dari 23 /26 Nopember 2017 di Blang Bebangka.
Tujuh kabupaten yang menurunkan atlit kuda pacu ini adalah kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Besar, Aceh Tenggara, Kota Lhokseumawe, Bireuen dan Banda Aceh.

Darmuda, S, Sos ketua Pordasi Aceh serta pemegang mandat dari
KONI Aceh mengatakan Kejurda kali ini dilaksanakan sekaligus dalam rangka seleksi pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) mendatang.

“Kita berharap olah raga berkuda bukan hanya ada di wilayah tengah, namun dapat berkembang di seluruh kabupaten di Aceh, karena banyak kabupaten lain yang mempunyai potensi” sebutnya, ia berharap bukan hanya tingkat lokal namun event tingkat nasional dan internasional juga akan di gelar di Dataran tinggi Gayo.

Pordasi sendiri, kata Darmuda telah meminta kepada Pemerintah Aceh, untuk memperhatikan fasilitas arena pacuan kuda, di tiga kabupaten di yang selama ini telah rutin menggelar event pacuan kuda, yakni Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues.

Sebelumnya, Sebanyak 90 ekor kuda dari 7 kabupaten/kota di provinsi Aceh ikut ambil bagian dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) pacuan kuda yang memperebutkan piala gubernur Aceh ini dan yang masuk ke final 36 kuda.

Kota Banda Aceh mengirimkan 10 ekor kuda, Lhokseumawe 9 ekor kuda, kabupaten Bener Meriah 15 ekor kuda, Gayo lues 16 ekor kuda, Aceh Tenggara 11 ekor kuda , Aceh Besar 11 ekor kuda dan tuan rumah Aceh Tengah 18 ekor kuda.

Ia menjelaskan kelas yang dipertandingkan dalam ajang tersebut sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) Pengurus Besar Persatuan Olahraga Berkuda (PB Pordasi) yaitu kelas A,B,C,D,E dan F. Kelas A dan B masing – masing diikuti 8 ekor kuda, kelas C,D dan E masing – masing diikuti 19 ekor kuda dan kelas F diikuti 17 ekor kuda.

Hasilnya dalam Kejurda ini, Kabupaten Gayo Lues keluar sebagai juara umum dengan perolehan medali, tiga emas, dua perak dan tiga perunggu dan berhasil merebut hadiah uang plus Trophy dari Gubernur Aceh dan Bupati terpilih Aceh Tengah, Sabela Abubakar.

Sementara Aceh Tengah mendapat satu emas, empat perak dan dua perunggu, sementara Kabupaten Bener Meriah harus puas dengan perolehan medali, satu emas, satu perak dan satu perunggu. Sementara di posisi terakhir Kabupaten Aceh Tenggara dengan perolehan satu medali emas.(Wien Godank)

Komentar Anda
SHARE