Kedai Sederhana Penyedia Buku Bacaan 

0

Hermansyah dan istri Jumarni Pemilik Kedai Penyedia Buku Bacaan
REDELONG : Buku adalah merupakan sumber ilmu, Semakin banyak kita membaca buku semakin banyak pula pengetahuan  kita dapatkan dari buku-buku yang kita baca tersebut. 

Hermansyah ( 37 ) berprofesi sebagai pedagang kecil, dan istrinya Jumarni. MD ( 36 ) PNS staf kantor Perpustakaan dan Arsip Bener Meriah. Pemilik Kedai sederhana yang bertempat di Kampung serule kayu tepatnya di pinggir jalan menuju perkantoran Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah menyediakan Buku bacaan di kedainya. 

Dalam menumbuh kembangkan minat baca masyarakat, Jumarni. PNS staf kantor arsip dan Perpustakaan  Kabupaten Bener Meriah, bersama suaminya Hermansyah  Masyarakat Kampung serule kayu, Kecamatan Bukit meminjam pakai buku bacaan dari kantor Perpustakaan daerah guna untuk dibaca masyarakat.  

Jumarni kepada Kabargayo Jum’at ( 18/11) dikedainya mengatakan, sudah hampir setahun saya bersama suami  membuka kedai (warung) ini, dan semenjak itulah kami menyediakan buku bacaan yang kami pinjam pakaian dari kantor perpustakaan daerah ini. Katanya. 

” kami meminjam buku pada perpustakaan daerah agar masyarakat yang berkunjung ke kedai kami ini, sambil menikmati kopi roasting juga dapat membaca buku yang kami sediakan, karena buku adalah merupakan sumber ilmu ” ujar Jumarni. 

Tujuan kami tidak lain dan tidak bukan hanya untuk menumbuhkan kembangkan minat baca masyarakat di daerah ini, khususnya bagi generasi muda. Disamping itu juga kami berharap masyarakat di Kabupaten Bener Meriah ini tumbuh menjadi generasi yang cerdas,dan senantiasa memanfaatkan waktu luangnya membaca. 

” Buku  yang kami sediakan gratis untuk dibaca,  dan kita menyediakan buku Agama , Sejarah , Adat Gayo Pertanian dan juga buku tentang Tokoh.  Buku yang sudah sering dibaca disini  akan kami tukar dengan buku buku baru dari Perpustaan daerah ” papar Jumarni. 

Sementara itu Hermansyah suaminya mengatakan, kami berkeinginan bisa membawa keliling buku-buku ini ke sekolah, Kampus  agar pelajar dan masyarakat diwaktu sengang bisa membaca buku sambil nikmati kopi Rosting, Namun karena kita tidak punya modal hal tersebut belum kesempaian. Tetapi kami akan terus berusaha dan berupaya agar itu nantinya dapat terwujud, jika itu dapat kami wujudkan itu merupakan salah satu memotivasi masyarakat khususnya generasi muda cinta kepada buku. karena kalau kita sudah cinta kepada buku tersebut maka kita akan senantiasa selalu membaca dan membaca, karena generasi yang cerdas adalah generasi yang mau belajar dan belajar. Pungkas Hermansyah. 

Sementara itu Kepala Arsip dan Perpustaan Bener Meriah Syukurdi.S.pd pada saat dikonfirmasi Kabargayo di Pendopo Bupati Bener Meriah, saat menunggu kehadiran Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman dalam rangka Kunjungan kerjanya ke Bener Meriah mengatakan, kantor arsip dan perpustakaan Kabupaten Bener Meriah punya program pinjam pakai buku untuk dibaca oleh masyarakat. buku tersebut bisa dibawa pulang kerumah untuk dibaca dalam sebulan atau seminggu kemudian dikembalikan lagi ke kantor. 

” bagi masyarakat yang berminat untuk meminjam pakai buku ke kantor arsip dan perustakaan cukup hanya mengisi administrasi dan membawa foto copy KTP, hal itu kita lakukan agar buku-buku tersebut tidak hilang” ujar Syukurdi. 

Kita juga akan mengembangkan taman taman bacaan di kampung-kampung agar masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan buku bacaan, karena selama ini masyarakat khususnya  para remaja  lebih cenderung  bermain ke warnet,  kita juga mengakui  dengan akses internet  dapat dengan mudah  mendapatkan  apa yang mau kita  baca. Namun jika  kita kepingin menggali ilmu lebih dalam maka kita harus membaca buku. Terang Syukurdi. ( Gona ) 

 

Komentar Anda
SHARE