Keberlangsungan Desa Tergantung Partisipasi Masyarakat

0

Oleh: Setiadi Miranda (Sekjend HIMABEM-SU)

Desa menurut UU No. 32 Tahun 2004, Pasal 1, ayat 12 menjelaskan bahwa desa atau adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintah negara kesatuan Republik Indonesia.

Pemerintahan desa memiliki peranan yang signifikan dalam pengelolaan proses sosial di dalam masyarakat, baik itu dari kehidupan berdemokrasi dan pelayanan sosial bagi masyarakat.

Sebagaimana kita pahami bersama, bahwa era reformasi telah membawa perubahan yang besar dalam sistem pemerintahan di Indonesia, khususnya pada tingkat pemerintahan daerah dan pemerintah desa dengan semangat mengedepankan partisipasi masyarakat.

Dengan adanya perubahan sistem pemerintahan dari sentralistik menuju desentralistik diharapkan akan terjadi peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Kurangnya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintah desa dapat menyebabkan penyalahgunaan wewenang yang dapat menimbulkan permasalahan seperti kasus korupsi, nepotisme, dan lain-lain.

Sudah semestinya masyarakat berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintah desa agar berjalan sesuai dengan Undang-Undang pengelolaan pemerintahan desa, dan dapat mengadvokasi segala kebijakan yang ada.

Ada beberapa prinsip yang perlu di kedepankan oleh masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintah desa salah satunya adalah prinsip partisipasi, artinya dalam proses penyelenggaraan pemerintahan desa seharusnya melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Artinya Pemerintah desa seharusnya memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan tiga hal, yaitu bersuara, akses, dan kontrol dalam pembagunan dan penyelenggaraan pemerintah.

Transparansi, (UU NO 14 Tahun 2008 tentang KIP), artinya proses penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan harus transparan (terbuka), sehingga bisa diketahui oleh seluruh warga masyarakat.***

Komentar Anda
SHARE