Kampus Baru Diresmikan Menteri Agama RI, STAIN Gajah Putih Tambah Kuota Penerimaan 1.005 Mahasiswa

TAKENGON: Kampus baru STAIN Gajah Putih di Genting Gerbang, Mulya Jadi, Kecamatan Silihnara, Aceh Tengah, diresmikan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, Rabu (28/2/2018).

Gedung megah yang mulai dibangun sejak awal 2017 dengan skema pembiayaan SBSN, lalu ini memiliki dua lantai dengan tiga puluh enam ruang kuliah. Dibangun diatas tanah hibah dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Ketua STAIN Gajah Putih, Dr. Zulkarnain, dalam laporan ketika acara peresmian menjelaskan setelah diresmikan kampus baru itu tahun ini akan langsung dimanfaatkan oleh mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019.

“Dengan diresmikan, tahun ini sudah ada penambahanruang kuliah baru sehingga kami menyiapkan kuota untuk 1.005 mahasiswa,” ujarnya. Untuk pengembangan, kata Zulkarnain, Kampus baru itu akan dilengkapi dengan kelengkapan ma’had kampus, masjid, serta fasilitas olah raga dalam kampus.

Zulkarnain, menyebutkan sejak menjadi negeri, partisipas calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi ini terus meningkat. Tahun lalu, kata Zulkarnain, peminat yang mendaftar mencapai 2.050. Sementara yang diterima hanya 631 mahasiswa karena keterbatasan ruang kuliah.

Mahasiswa yang tercatat menempuh pendidikan di STAIN Gajah Putih sekitar 3.500 di berbagai jurusan yakni Syariah, Ushuluddin dan Dakwah, serta Tarbiyah. Sementara itu, ada dua belas program studi, yaitu: Tadris Matematika, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Pendidikan Anak Usia Dini, Ekonomi Syariah, Komunikasi Penyiaran Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru MI, Perbankan Syariah, Hukum Tata Negara (Siyasah), serta Ilmu Alquran dan Tafsir.(Arsadi)

SHARE