Kado Pelantikan Untuk Sang Abuya

Oleh: Rifki Adrian**

Bener Meriah adalah kabupaten yang mekar dari kabupaten Aceh Tengah pada tahun 2003 lalu, dimana pada saat itu masih gandengi oleh tujuh Kecamatan dengan ibu kota Simpang Tiga, Redelong.

Seiring bertambahnya umur Bener Meriah, tiga Kecamatan kembali ditambahkan sehingga saat ini sudah memiliki sepuluh Kecamatan, seperti Kecamatan Bandar, Bukit, Permata, Pintu Rime Gayo. Kemudian Syiah Utama, Timang Gajah, Wih Pesam, Mesidah, Gajah Putih, dan terakhir Bener Kelipah.

Dari bertambahnya usia dari waktu ke waktu membuktikan bahwa saat ini penduduk Kabupaten Kopi tersebut semakin hari semakin padat. Salah satu tantangan bagi seorang pemimpin yang memegang estapet kepemimpinan haruslah bisa mengakomodir kesejahteraan rakyat serta kemajuan Kabupaten Bener Meriah.

Dengan dilantiknya Plt Bupati Bener Meriah Tgk H Syarkawi menjadi Bupati Definitif oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah di ruang sidang Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat, Selasa, 30 April 2019 dengan sisa jabatan 2019-2022 mendatang, dengan begitu pula segala hal yang menghambat pengembangan Kabupaten Bener Meriah menjadi kado terbaik untuk Bupati Sarkawi.

Bukan hanya hal yang menghambat, tetapi juga hal-hal yang menyangkut kepentingan Bener Meriah untuk menjadi kabupaten yang lebih maju lagi dari yang sebelumnya. Seperti diketahui sebelumnya hingga sampai saat ini, menurut survei kemiskinan Aceh yang di lansir di  riset IdeAS tahun 2018, Bener Meriah saat ini menduduki kabupaten termiskin peringkat 5 se-Aceh semakin menurun dari tahun 2017.

Hal ini juga menjadi Permasalahan sekaligus kado untuk seorang pemimpin. Tentu kedepannya, sebagai seorang pemimpin tentu memberikan jalan baru dan agar efesien dalam menuntaskan hal tersebut serta menjadikan Bener Meriah lebih maju lagi.

Dalam sebuah buku berjudul Haji Agus Salim karangan Mohammad Roem menyebutkan suatu Pepatah Belanda kuno mengatakan, “Leiden is liden” (memimpin adalah menderita). Kata-kata tersebut menjelaskan bahwa seorang pemimpin harus bisa memerdekaan rakyatnya dan tidak mendahulukan kepentingan pribadinya.

Besar harapan masyarakat untuk Bupati Bener Meriah yang baru di lantik Tgk syarkawi agar tetap mengepentingkan masyarakat dari pada ego pribadinya. Semoga dengan lahirnya pemimpin baru Bener Meriah akan lebih maju.

Penulis adalah Sekjen Himpunan Mahasiswa Bener Meriah Medan

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!