Kadis Dishub Bener Meriah: Insya Allah Gedung PKB KIR Akhir 2017 Sudah Dapat Beroperasi

0

REDELONG : Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bener Meriah  diakhiri tahun 2017 akan mengoperasikan Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) KIR bagi kendaraan umum. Uji KIR ini juga bertujuan untuk pengujian keselamatan, menjaga lingkungan, serta pelayanan umum dalam melayani masyarakat yang menggunakan jasa kendaraan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dishub Bener Meriah Riswandika Putra, SSTP. MAP pada Kabargayo Senin (23/1) diruang kerjanya.

Sejauh ini,  uji KIR masih dilakukan secara manual karena kita belum memiliki pasilitas ( alat),  tetapi kita bersyukur meski Bener Meriah baru berusia 13 tahun namun kita sudah memiliki gedung PKB yang rampung dibangun pada tahun 2015 yang lalu, dan  masih banyak daerah yang  sudah berpeluang tahun usianya namun  belum memiliki gedung dan alat Pengujian Kendaraan Bermotor. Ujar Riswandika.

” Kendala yang dihadapi selama ini tidak adanya alat,  karenanya KIR dilakukan secara manual,  tapi insya Allah  akhir tahun 2017 gedung PKB tersebut sudah bisa dioperasikan karena usulan kelengkapan alat untuk uji KIR sudah diakomodir ” ujar Riswandika.

Dia juga menerangkan setiap kendaraan bermotor, kereta tempelan dan kereta gandengan yang bergerak di jalan wajib diuji. Hal ini merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 22 ke PP Nomor 55 Tahun 2009 tentang kendaraan diturunkan ke Permen 133 tentang pengujian kendaraan bermotor. Sementara untuk pelaksanaannya, dan itu juga nanti harus  dibuat peraturan daerah ( Perda)  atau Peraturan Bupati (Perbub)  karena bila  pengujian kendaraan sudah menggunakan alat sudah pasti ada biaya biaya, ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut Riswandika menghimbau kepada pemilik kendaraan,  agar memeriksa segala kelengkapan kendaraannya dan muatan sesuai dengan kapasitas kendaraan masing-masing terlebih bagi kendaraan akut barang dan akut penumpang, jelasnya ( Gona)

Komentar Anda
SHARE