Kadis Disdukcapil Buka Workshop Penyusunan, Pendampingan dan Penguatan SPP

REDELONG : Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil) Kabupaten Bener Meriah Ikhwanul Hakim, SE buka workshop penyusunan, pendampingan dan penguatan standar pelayanan prosedur (SPP) dan standar pelayanan ( SP) yang bekerja sama dengan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (Kompak). Kamis ( 15/3/2018) di ruang aula Disdukcapil setempat.

Dalam sambutanya Ikhwanul Hakim menyampaikan, melalui diskusi ini kita berharap ada temuan temuan baru terkait Standar Operasional Pelayanan ( SOP) pelayanan. Katanya.

” Secara global Disdukcapil sudah memiliki SOP, namun secara khusus kita belum memilikinya, apalagi mengenai standar pelayanan prosedur (SPP) dan standar pelayanan ( SP) ” Ujar Ikhwanul Hakim.

Dalam kesempatan itu Ikhwanul menyampaikan apresiasi terhadap Kompak,” Kita sangat berterima kasih kepada Kompak, yang telah banyak membatu di Kabupaten Bener Meriah khususnya di Disdukcapil “. Ungkapnya.

Untuk pelayanan lanjut Ikhwanul, Disdukcapil telah memiliki mobil pelayanan keliling yang insya allah akan segera louncing. Tururnya.

Sebelumnya Dicky Ariesandi koordinator Kompak Aceh menyampaikan, kita sangat menyambut baik rencana penyusunan SPP ini, karena seharusnya sejak tahun 2011 penyelengara pelayanan sudah memiliki SPP.

Menurutnya, idealnya dalam hal layanan ada dua tugas kita yaitu, Permenpan nomor 13 tahun 2010 tentang peningkatan kualitas pelayanan, dan Permenpan nomor 16 tahun 2014 tentang survei kepuasan masyarakat. Sebutnya.

” Untuk itu kita harus mensurvei seperti apa kepuasan pelayanan itu, dan seperti apa eksfetasi pelayanan ” Katanya.

Workshop Penyusunan Pendampingan, dan Penguatan Standar Pelayanan Prosedur (SPP) dan Standar Pelayanan (SP) dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 15-16 Maret. Sementara sebagai narasumber, M. Jaidi dan Sandi dari Puskapa UI (pusat kajian dan advokasi perlindungan anak) serta Ridha Ma’Ruf, SKM Kapala bagian organisasi. (Gona)

SHARE