Jum’at Barokah, Polres Aceh Tengah Bagi Sembako di Pedalaman Ketol

  • Whatsapp
Pihak Kepolisian sedang membagikan Sembako kepada lansia yang ada di Kampung Jalan Tengah Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah (Photo/Arinos)

Kabargayo.com, Takengon; Jajaran Polres Aceh Tengah kembali menggelar kegiatan Jum’at barokah dengan lansia, warga kurang mampu dan disabilitas di Kecamatan Ketol Kabupaten penghasil Kopi arabika terbaik dunia itu.

Data yang diterima oleh pihak kepolisian resort Aceh Tengah itu sebelumnya telah didata oleh anggota diwilayah tersebut kerjasama dengan Kepala Kampung di desa Jalan Tengah Kecamatan Ketol.

Read More

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag Sumda Kompol Ridwansyah, Kasat Sabhara AKP Rafliandi, Kasat Binmas AKP Marzuki Usman, Kasubbag Humas AKP Zein Hamid,S.Pd.I dan Kapolsek Ketol Sastra Wijaya,SH.

Bantuan sembako tersebut telah dibungkus rapi oleh petugas kedalam dua buah kotak, isinya berupa kebutuhan bahan pokok sehari-hari berupa beras, gula, minyak goring, sarden, serta sedikit bantuan berupa uang tunai.

Titik awal penyerahan sembako itu diberikan kepada lansia yang ada di Kampung Jalan Tengah Kecamatan Ketol, Dul Kohar (82) didampingi kedua anaknya. Dul Kohar Sumringah ketika menerima sembako itu, terlebih pihak kepolisian mengenakan masker untuknya.

“Terimakasih, semoga Allah membalas semua kebaikan bapak-bapak yang peduli nasib Lansia,” kata Dul Kohar dengan nada haru, Jum’at (17/04/2020) dikediamanya.

Selanjutnya, rombongan bertolak menuju rumah Witono (55) ditemani Reje (Kepala Desa-red) Kampung Jalan Tengah Sugianto, ia dilaporkan tinggal sendirian dan belum berkeluarga di Kampung Jalan Tengah Kecamatan Ketol Kabupaten setempat, Witono tercatat sebagai masyarakat kategori lansia.

Pihak Kepolisian dibantu TNI menyerahkan sembako kepada Witono warga Disabilitas (Photo/Arinos)

Saat pihak kepolisian menyambangi rumahnya ia tersipu malu, bahkan pihak kepolisian sempat menanyakan kabar ke Witono. Ia katanya dalam keadaan sehat-sehat, meski pandemi virus Corona saat ini sangat meresahkan masyarakat dunia.

‘Terimakasih bapak-bapak sudah hadir kerumah saya dan melihat kondisi saya, atas bantuan yang diberikan kepada kami semoga Allah membalasnya, saya do’akan bapak-bapak semuanya dalam keadaan sehat walafiyat,” kata Witono dengan mata berkaca-kaca.

Sembako yang ketiga diberikan kepada keluarga kurang mampu Kamit (31) yang berada ditengah-tengah perkebunan tebu. Rumahnya tergolong kecil berdindingkan Seng dan tidak layak untuk dihuni oleh pasangan tersebut beserta ketiga anak nya. Lahan yang digunakan pun disebut berstatus sewa.

Pasangan kurang mampu di Kampung Jalan Tengah Kecamatan Ketol saat menerima sembako dari pihak Kepolisian (Photo/Arinos)

Dalam kesempatan tersebut Kamit melaporkan kepada pihak kepolisian bahwa anaknya perempuan yang sulung  kini tak lagi menduduki bangku sekolah karena tak memiliki biaya. Jika sekolah kata dia sudah menduduki kelas 2 SLTP. Lantaran tak memiliki biaya kini anaknya itu harus membantu orang tua dalam bertani setiap harinya.

Pihak kepolisian selanjutnya akan berupaya untuk memberi solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi Kamit, baik itu rumah yang tak layak huni dan status anak yang kini putus sekolah.

Sementara itu Kapolres Aceh Tengah AKBP Nono Suryanto S,IK melalui Kabag Sumda Kompol Ridwansyah mengatakan, kegiatan Jum’at berbagi itu akan terus digalakkan dibeberapa titik yang ada di Kecamatan-Kecamatan. Penerima manfaat yaitu kaum dhiafa, kurang mampu, disabilitas dan lansia yang hidup sendiri tak lagi mampu berusaha.

“Saat ini, ditengah merebaknya wabah virus Corona kita khawatir ada masyarakat yang kehilangan mata pencaharian dan tidak bisa berusaha. Harus mendapatkan pertolongan dari kita yang berlebih untuk menyambung kehidupan sehari-hari,” terang Ridwansyah didampingi Kasubbag Humas Zein Hamid, sembari berharap dengan bantuan itu ketiga keluarga penerima manfaat tersebut dapat terbantu.

Untuk diketahui, pihak Kepolisian Resot Aceh Tengah rutin menggelar program Jum’at Barokah di Kabupaten berhawa sejuk itu. program itu dimulai pada 3 April 2020 yang lalu di Kecamatan Pegasing. Tujuan utamanya yaitu sosial kemanuasiaan sebagai wujud nyata untuk langsung besentuhan dengan masyarakat yang  membutuhkan. (Kar)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts