Jelang Idul Fitri, Supir dan Angkutan Lebaran di Aceh Tengah Jalani Pemeriksaan

TAKENGON: Pastikan keselamatan para pemudik Idul Fitri, sejumlah supir angkutan lebaran jalani tes kesehatan dan pemeriksaan fisik kendaraan, di terminal Paya Ilang, Takengon Aceh Tengah, Selasa (12/6/2018). Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus SKM, tampak langsung memantau kegiatan ini.

Tes kesehatan yang dilakukan, tes urine, tes darah dan tes kesehatan pisik lainnya. Selain melibatkan Satlantas Dishub, Satnarkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN), Polisi Militer, Jasa Raharja, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah, Jajaran Kodim Aceh Tengah serta pihak terkait lainnya.

Selain tes kesehatan yang dijalani oleh para supir. Pemeriksaan kendaraan angkutan juga insentif dilakukan demikian juga kelengkapan para sopir.

Para supir yang menjalani pemeriksaan merupakan supir-supir bus besar, dan L 300 baik antar provinsi maupun antar kabupaten di Aceh dari sejumlah armada yang ada di Terminal Terpadu Paya Ilang.

“Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan rutin pada setiap lebaran, baik fisik kendaraan maupun kesehatan sopir yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan angkatan lebaran”ujar Firdaus.

Sementara untuk hasil pemeriksaan yang dilakukan, Wakapolres Aceh Tengah, Kompol Warosidi menyebutkan untuk tes urine hasilnya negatif begitu juga dengan hasil pemeriksaan kesehatan lainnya. Untuk hasil tes pisik kendaraan juga demikian.

“Dari hasil pemeriksaan kesehatan para supir tidak ada ada yang menggunakan narkoba, semuanya negatif, begitu juga dengan kelengkapan kendaraan angkutan lebaran, Kita berharap keselamatan dan kenyamanan masyarakat semakin terjamin” kata Wakapolres.

Menambahkan, Kasatlantas Aceh Tengah, Iptu Bintar Handayani, SIK menjelaskan upaya yang dilakukan adalah upaya pencegahan hal-hal yang tidak dinginkan dalam arus mudik, seperti ada supir yang menggunakan narkoba “Alhamdullilah, sejauh dari hasil pemeriksaan yang kita lakukan semuanya berjalan baik”sebut Kasatlantas.

Lutfia Kamal, Kepala Bagian Terminal Dinas Perhubungan Aceh Tengah mengatakan dua hari jelang Idul Fitri, 3.700 ribu penumpang telah diangkut, diperkirakan 5.000 lebih penumpang yang akan menggunakan angkutan lebaran untuk mudik, namun demikian meski terjadi lonjakan penumpang namun tidak ada kenaikan harga tiket. (Arsadi)

SHARE