Jelang Final, Ribuan Pengunjung Padati Lapangan Pacuan Kuda Sengeda

0

REDELONG : Memasuki satu hari jelang   babak final,  even pacuan kuda tradisional dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ( HUT ) Kabupaten Bener Mariah Ke-13, ribuan pengunjung terlihat padati lapangan pacuan  Sengeda Kampung Karang Rejo Kecamatan Bukit Sabtu ( 14/1 ).

Pacuan kuda yang merupakan tradisi masyarakat Gayo, terus mengepakkan sayap sebagai budaya kebanggaan Negeri diatas awan ini yang dilaksanakan di tiga kabupaten bersaudara yang masih serumpun yaitu Bener Meriah, Aceh Tengah, dan Gayo Lues.

Seperti yang berlangsung di Bener Meriah saat ini, Kompetisi tahunan terus diselenggarakan setiap peringati hari jadi kabupaten penghasil kopi yang dimekarkan dari kabupaten induk Aceh Tengah pada 7 Januari 2004 yang silam.

Pacuan Kuda di Gayo sendiri telah menjadi ikon kebudayaan tradisional yang digemari masyarakat di daerah berhawa sejuk ini.

Momentum ini juga menjadi kesempatan yang baik bagi pedagang, dimana dilapangan yang begitu luas dikelilingi ribuan pedagang yang menjual aneka dagangan seperti pakaian, makanan, payung, kacamata, aksesoris serta mainan anak-anak. 

Masyarakat yang berbondong-bondong datang, juga memanfaatkan untuk berbelanja pakaian dan membawa keluarga terutama anak anak untuk mencoba wahana bermain yang banyak disewakan. Perputaran uang dilapangan Pacuaan Kuda bisa mencapai ratusan juta perharinya. ( Gona )

Komentar Anda
SHARE