Iva Disosialisakan Kepada Ibu-Ibu Persit TNI AD

0

TAKENGON – Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXII Kodim 0106/Ateng menerima kegiatan sosialisasi IVA dan mengikuti pemeriksaan deteksi dini terhadap kanker leher rahim atau serviks dari Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah yang di pimpin oleh Dra. Vira Milya, bertempat di Aula Makodim Jln. Lut Tawar Kp. Bale Atu Kec. Lut Tawar, Selasa ( 25/04/2017 ). Kegiatan tersebut mengusung tema ” Menuju sehat dengan pemeriksaan IVA bagi anggota Persit Kartika Chandra Kirana cabang XXII Dim 0106/Ateng “.

Ketua Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Ateng Dra. Vira Milya dalam penjelasannya mengatakan bahwa Sosialisasi IVA ini sebagai respon terhadap bentuk pencegahan dini bagi para ibu agar selalu waspada terhadap kanker leher rahim atau serviks yang merupakan pembunuh nomor satu kaum perempuan, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai kanker serviks. 

Pemeriksaan IVA akan terus disosialisasikan agar masyarakat mengerti dan ikut memeriksanakan diri. Karena dengan pemeriksaan lebih awal akan memberikan penanganan yang lebih awal, jika penderita baru mengetahui saat sudah dalam stadium yang berat maka pengobatan akan lebih berat.

 IVA merupakan pemeriksaan sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan screaning alternatife dari pup smear namun lebih praktis dan sangat mudah untuk dilaksanakan.

Ketua Persit KCK Cabang XXII Dim 0106/Ateng-BM Ny. Ina Didit Hari Prasetyo Putro mengharapkan dengan adanya kegiatan ini  dapat mendorong kesadaran Ibu-ibu Persit utamanya kaum perempuan agar rutin memeriksakan dirinya secara teratur di puskesmas ataupun Rumah Sakit.

“Ini untuk kepentingan ibu-ibu semua karena dengan pemeriksaan ini, kita mengetahui apakah ada gejala kanker atau tidak, sehingga dapat dilakukan penanganan tepat dan cepat bila diketahui gejalanya serta bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pemeriksaan kanker serviks atau kanker leher rahim dengan metoda IVA test.(REL)

Komentar Anda
SHARE