Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah Dilantik Mendagri

0

 

BANDA ACEH – Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah dilantik sebagai Gubernur Aceh periode 2017-2022, oleh Mendagri, Tjahjo Kumolo, pelantikan ini berlangsung di gedung sekertariat DPRA, sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu, (5/7/2017).

“Saya, Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia telah resmi melantik saudara Irwandi Yusuf sebagai Gubernur Aceh dan saudara Nova Iriansyah sebagai Wakil Gubernur Aceh berdasarkan Keputusan Presiden,” demikian ujar Mendagri Tjahjo Kumulo.

Dengan pelantikan tersebut, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah, secara resmi dan sah menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur, setelah sebelumnya mendulang suara terbanyak dan memenangkan Pilkada di Aceh pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Setelah dilantik, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah selanjutnya di-peusijuek oleh Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar yang merupakan salah satu rangkaian acara sesuai seperti yang di jadwalkan.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) juga turut menghadiri pelantikan tersebut. Presiden masuk ke gedung DPRA tepat pukul 10.30 WIB, sesaat setelah Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah dilantik Mendagri. Rapat paripurna istimewa DPRA yang sempat jeda sejenak akhirnya kemudian dilanjutkan kembali.

Presiden Jokowi hadir dalam hajatan tersebut bersama Ibu Negara Iriana. Ia pun disambut Mendagri, Sekda Aceh dan Wakil Ketua DPRA. Pengawalan pun terlihat diperketat saat Presiden masuk dalam pekarangan gedung DPRA.

Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2012-2017, Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf, juga tampak hadir bersama para undangan yang datang, baik dari pejabat Pemerintah Aceh, anggota DPRA, Tim Sukses Irwandi-Nova, tokoh masyarakat dan lainnya.

Irwandi Yusuf usai dilantik sempat menitikkan air mata, saat memberikan sambutan.”Innalilahi wa inna ilaihi rajiun. Ini adalah amanah, siapa saja yang paham amanah pasti dia tahu konsekuensinya,”ujarnya, seraya menambahkan bahwa dalam kepemimpinannya ia tidak bisa berjalan sendiri, ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama memantau kepemimpinannya.

“Tegurlah kami, nasihati kami, apabila kami sudah keluar dari garis yang benar. Insya Allah kita akan mampu membawa keluar Aceh dari kesengsaraan,” ujar Gubernur Aceh itu yang baru dilantik itu.(INT)

Komentar Anda
SHARE