Ini Perubahan yang Dilakukan Disdukcapil Aceh Tengah

  • Whatsapp
Tim Kemenpan RB ketika meninjau Kantor Dinas Dukcapil Aceh Tengah dan melakukan evaluasi pelayanan publik.

Kabargayo.com, Takengon: Tim Kemenpan RB kembali melakukan evaluasi pelayanan publik yang berlangsung di Dinas Dukcapil Aceh Tengah, lantas apa saja yang berubah tahun ini?

Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal membeberkan beberapa perubahan yang telah dilakukan oleh pihaknya dalam evaluasi kali ini.

Read More

“Kita sudah lakukan pembenahan ruang tunggu yang lebih nyaman bagi masyarakat,” ungkap Mustafa dalam siaran pers, Senin (02/11/2020).

Ruang tunggu yang di maksud bukan hanya menambah luas tempat menunggu bagi masyarakat namun penyediaan fasilitas tambahan seperti Ruang Laktasi, area bermain anak, meja gantung untuk masyarakat mengisi formulir, pemisahan antara Front Office dan Back Office, terdapat juga pojok baca yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sembari menunggu antrian.

Layanan prioritas untuk Disabilitas, Lansia dan Ibu Hamil juga tak luput dari perhatian, terlihat dari penyediaan kursi roda, tempat duduk khusus dan jalur prioritas serta loket khusus untuk mendapatkan layanan yang cepat dan utama.

Guna menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan, juga ditambah satu ruangan khusus dinamakan “Rindu” (Ruang Informasi dan Pengaduan) sehingga semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan mengadukan masalah yang dihadapi.

Dinas Dukcapil juga membuka akses yang luas, masyarakat tidak hanya dilayani dengan tatap muka di kantor tapi juga disediakan aplikasi pendaftaran online, konsultasi melalui email, telepon, SMS, WhatsApp dan media sosial seperti Facebook dan Instagram.

“Selain fasilitas di kantor untuk meningkatkan layanan publik kita juga telah menyiapkan aplikasi pendaftaran online Dukcapil Kita yang dapat diakses melalui Playstore dan Website disdukcapil.acehtengahkab.go.id,” jelas Mustafa.

Berbagai fasilitas tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengakses layanan administrasi kependudukan yang pada akhirnya meningkatkan kualitas pelayanan publik Dinas Dukcapil dan secara umum kinerja pelayanan publik Pemkab. Aceh Tengah.

Evaluasi Tim Kemenpan RB telah berlangsung tanggal 20 Oktober 2020 lalu, dan hasil evaluasi akan diumumkan akhir tahun ini. Untuk tahun 2019 lalu Dinas Dukcapil Aceh Tengah mendapat predikat sebagai role model penyelenggaraan pelayanan publik kategori Baik.

“Tentu saja untuk tahun ini kita harapkan hasil evaluasi yang lebih baik dari tahun lalu,” demikian Mustafa. (REL/KG78)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts