Ini Nama Kopi Gayo  Menurut Kadisbunhut Bener Meriah  

0

REDELONG:Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan ( Disbunhut ) Kabupaten Bener Meriah Ahmad Ready, SP. Mengatakan jauh sebelum Belanda masuk ke Gayo orang gayo sudah mengenal tanaman kopi, hal tersebut di ceritakanya pada awak media Rabu ( 12 /10 ) di Kantornya. 

Pada zaman dahulu sebutan untuk kopi adalah Siti Sengkewe, namun setelah beberapa puluhan tahun orang gayo menyebutnya dengan nama sengkewe. Hal ini membuktikan bahwa sebelum Belanda masuk ke dataran tinggi gayo,  masyarakat gayo sudah mengenal tanaman yang menjadi sumber ekonomi. Ungkap Ahmad Ready

Lebih lanjut ia menyebutkan, orang Belanda menyebut tanaman tersebut Kuffi, selanjutnya peradapan tahun demi tahun nama Kuffi yang di sebut orang Belanda masyarakat luas menyebutnya menjadi kopi.

” dulu di daerah kita ini terdapat beberapa lokasi kebun kopi yang di sebut kawasan kewe, selain itu juga ada lokasi tanaman tebu ” katanya

Pada saat ini Di Kabupaten Bener Meriah hampir 90 persen masyarakatnya memiliki kebun kopi, karena selain di jadi untuk bahan minuman kopi juga menjadi sumber pendapatan perekonomian masyarakat. Ujarnya ( Gona)

Komentar Anda
SHARE