Informasi Sesat pada Saat Kritis

0

Mengikuti dan mencermati pemberitaan yang beredar saat terjadinya ledakan di kawasan Thamrin, Kamis, 14 Januari 2016, saya mengecam keras media. Sebabnya, mereka tidak bertanggung jawab telah memberitakan kabar yang tidak dikonfirmasi kebenarannya terlebih dahulu.

Sebuah televisi nasional menuliskan di running text mereka adanya ledakan di kawasan Slipi, Kuningan, dan Cikini. Padahal, tidak ada ledakan di ketiga tempat itu. Berita ini membuat panik masyarakat sehingga menjadi semakin mencekam.

Salah seorang karyawan kami sangat cemas karena putrinya bersekolah di kawasan yang disebutkan. Belum lagi bumbu- bumbu informasi bombastis yang di media sosial dan grup chat.
Saya mengimbau kepada semua media nasional, lokal, maupun pengguna media sosial untuk mengutamakan akhlak dan etika pemberitaan dan mengabarkan hanya berita yang telah diverifikasi kebenarannya. Saya juga mengimbau rekan-rekan masyarakat untuk secara bijak memilih sumber berita.

Mari kita bangun Indonesia raya yang arif, berakhlak, dan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Kalau mau beda, berbedalah secara benar.

Basuki Tjandrasjahan Tangerang, Banten

Komentar Anda
SHARE