Info Terbaru, 5 dari 8 ODP di Aceh Tengah Diizinkan Pulang

  • Whatsapp
Jubir penanganan Covid-19 Aceh Tengah dr. Yunasri didampingi kepala pelaksana tim gugus Drs.Ishak saat memberi pengarahan di sekretariat PSC 119. (Photo/Karmiadi)

Kabargayo.com, Takengon; Sebanyak 5 dari 8 orang warga Aceh Tengah berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) Covid-19, diperbolehkan pulang, Kamis, (26/4/2020).

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara tim gugus percepatan penanganan pandemi Covid-19 Aceh Tengah, dr. Yunasri.

Read More

“Total seluruhnya 8 orang, 5 orang sudah diperbolehkan pulang, saat ini tinggal 3 orang ODP, 1 orang dirawat di Rumah Sakit Datu Beru, 2 orang lagi isolasi di rumah masing-masing ,” kata Yunasri, Kamis (26/03/2020) melalui sambungan selulernya.

Lebih lanjut katanya, status ODP yang disematkan kepada seseorang itu tidak berarti positif terjangkit virus Corona, melainkan hanya diobservasi riwayat perjalanannya.

“Tidak semerta-merta seseorang itu terus ditetapkan terjangkit virus Corona, melainkan ada tahapan-tahapanya, mulai dari ODP, setelah diisolasi selama 14 hari baru dilihat perubahannya, apabila semakin parah maka statusnya akan meningkat, begitu seterusnya sampai keluar hasil lab menyatakan seseorang itu terjangkit Covid-19,” jelas Yunasri.

Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk tidak panik, biasalan berprilaku hidup bersih dan sehat, membiasakan cuci tangan dengan sabun atau Hand Sanitizer. Jika memiliki gejala demam, batuk, pilek dan gangguan pernafasan, segera periksakan diri ke pelayanan kesehatan.

“Mari bersama kita lawan Corona dengan membiasakan hidup sehat, rajinlah mencuci tangan,” tutup dr. Yunasri.(KAR)

Related posts